Honda Timang Rebel 250 untuk Indonesia

Kompas.com - 22/03/2017, 13:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Osaka, KompasOtomotif – Honda Rebel ternyata punya banyak varian. Jika kita mengenalnya dengan tipe mesin 500 cc dan 300 cc, model ini juga punya tipe mesin 250 cc. Honda di Jepang mengenalkannya dalam ajang Osaka Motorcycle Show, belum lama ini.

Ini menarik, mengingat pasar sepeda motor sport 250 cc di Indonesia cukup besar dan berkembang pesat. Apakah berarti PT Astra Honda Motor (AHM) bakal memproduksi dan mengedarkannya di pasar domestik supaya lebih terjangkau harganya?

”Kira-kira nanggung tidak (jika dibandingkan dengan tipe 500 cc atau 300 cc)? Kami bisa bikin sendiri di sini (Indonesia), karena mesinnya kami punya. Tapi kami belum pernah bicara soal ini (kepada Honda Jepang),” ujar Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM Johannes Loman, (17/3/2017), kepada KompasOtomotif.

Tapi memang menarik ketika membayangkan ada motor 250 cc dengan tampang klasik dan tidak mainstream seperti Rebel. Kalau saja bisa diproduksi, kisaran harganya tak akan jauh beda dengan CBR250RR, atau bahkan bisa lebih murah dari Rp 70 jutaan.

Saat ini, AHM membanderol CMX500 Rebel dengan harga Rp 147 jutaan on the road Jakarta. Harga ini tentu masuk segmen menengah yang ”cenderung mepet ke atas”. Buat yang benar-benar kelas menengah, mimpi punya motor menarik dengan banderol Rp 50-70 jutaan masih tinggi.

Rasanya jalan untuk AHM memproduksi Rebel 250 agak rumit. ”Memang peluang ke sana ada saja, tapi saat ini kami konsentrasi ke Rebel 500 dulu,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM.

Saat muncul di Osaka kapan hari, mesin ternyata berbeda dengan CBR250RR yang diproduksi AHM. Honda Jepang lebih memilih untuk mengadopsi mesin lama CBR250R yang berkonfigurasi 1-silinder.

Jantung itu lalu dipasangkan dengan girboks 6-percepatan, bertenaga maksimal 29 tk @9.000 rpm dan torsi 23 Nm @7.500 rpm. Sama seperti tipe 300 cc, model ini menggunakan rem cakram tunggal di ban depan, begitu juga untuk belakang. Di Jepang, Rebel 250 akan meluncur sekitar April 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.