Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Timang Rebel 250 untuk Indonesia

Kompas.com - 22/03/2017, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Osaka, KompasOtomotif – Honda Rebel ternyata punya banyak varian. Jika kita mengenalnya dengan tipe mesin 500 cc dan 300 cc, model ini juga punya tipe mesin 250 cc. Honda di Jepang mengenalkannya dalam ajang Osaka Motorcycle Show, belum lama ini.

Ini menarik, mengingat pasar sepeda motor sport 250 cc di Indonesia cukup besar dan berkembang pesat. Apakah berarti PT Astra Honda Motor (AHM) bakal memproduksi dan mengedarkannya di pasar domestik supaya lebih terjangkau harganya?

”Kira-kira nanggung tidak (jika dibandingkan dengan tipe 500 cc atau 300 cc)? Kami bisa bikin sendiri di sini (Indonesia), karena mesinnya kami punya. Tapi kami belum pernah bicara soal ini (kepada Honda Jepang),” ujar Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM Johannes Loman, (17/3/2017), kepada KompasOtomotif.

Tapi memang menarik ketika membayangkan ada motor 250 cc dengan tampang klasik dan tidak mainstream seperti Rebel. Kalau saja bisa diproduksi, kisaran harganya tak akan jauh beda dengan CBR250RR, atau bahkan bisa lebih murah dari Rp 70 jutaan.

Saat ini, AHM membanderol CMX500 Rebel dengan harga Rp 147 jutaan on the road Jakarta. Harga ini tentu masuk segmen menengah yang ”cenderung mepet ke atas”. Buat yang benar-benar kelas menengah, mimpi punya motor menarik dengan banderol Rp 50-70 jutaan masih tinggi.

Rasanya jalan untuk AHM memproduksi Rebel 250 agak rumit. ”Memang peluang ke sana ada saja, tapi saat ini kami konsentrasi ke Rebel 500 dulu,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM.

Saat muncul di Osaka kapan hari, mesin ternyata berbeda dengan CBR250RR yang diproduksi AHM. Honda Jepang lebih memilih untuk mengadopsi mesin lama CBR250R yang berkonfigurasi 1-silinder.

Jantung itu lalu dipasangkan dengan girboks 6-percepatan, bertenaga maksimal 29 tk @9.000 rpm dan torsi 23 Nm @7.500 rpm. Sama seperti tipe 300 cc, model ini menggunakan rem cakram tunggal di ban depan, begitu juga untuk belakang. Di Jepang, Rebel 250 akan meluncur sekitar April 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com