Mobil Hidrogen Toyota Ditarik Massal

Kompas.com - 25/02/2017, 07:02 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Mobil komersial pertama di dunia yang bergerak menggunakan hidrogen fuel cell, Toyota Mirai, diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 21015.

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corp mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall) mobil berbahan bakar hidrogen, Mirai. Total kendaraan akan ditarik dan diperbaiki berjumlah 2.800 unit, yang terjual di seluruh dunia, mengutip Reuters, Jumat (24/2/2017).

Penarikan kembali dilakukan karena ditemukan adanya kecacatan pada tegangan output listrik, yang dihasilkan oleh sistem bahan bakar hidrogen Mirai. Toyota menyatakan, gangguan bisa terjadi dalam kondisi mengemudi yang unik, seperti saat pedal gas ditekan ke posisi throttle terbuka lebar, setelah melalui jalan menurun yang lama, dengan menggunakan cruise control.

Seketika itu, tegangan output yang dihasilkan. dan dikeluarkan fuel cell boost converter, bisa melebihi tegangan maksimum. Sampai saat ini, Toyota telah menjual sekitar 2.840 mobil Mirai di Jepang, Amerika Serikat dan beberapa pasar di Eropa, serta Uni Emirat Arab.

Diler-diler Toyota, akan memperbarui perangkat lunak di Mirai, tanpa mengenakan biaya kepada pelanggan. Pihak Toyota juga menyampaikan, proses ini akan memakan waktu sekitar setengah jam.

Toyota pertama mulai menjual Mirai berbahan bakar hidrogen pada Desember 2014 di Jepang, pasar dalam negerinya. Di mana ini adalah upaya mereka menjadi pemimpin dalam hal teknologi terbaru, di industri otomotif.

Toyota telah mempromosikan kendaraan fuel cell (hydrogen), sebagai produk yang masuk dalam daftar kendaraaan hibridanya. Meskipun kurangnya stasiun pengisian bahan bakar hidrogen, bakal menjadi rintangan utama, untuk mebuatnya dikonsumsi secara lebih luas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAgung Kurniawan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X