Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi di Balik Kemudi Mercy GLC 250 Lokal

Kompas.com - 07/02/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah membahas desain eksterior dan kabin Mercedes-Benz GLC 250 Exclusive 4Matic rakitan lokal, giliran kini mengupas sektor performa di balik kemudinya. Secara spesifikasi, tidak ada perbedaan mesin dengan model CBU, karena itu urusan tenaga dan torsi masih identik rasa Eropa.

Bermain di segmen premium, kenyamanan dalam berkendara sudah menjadi prioritas utama. Hal ini ditunjukkan sejak awal memasuki ruang kabinnya, untuk menghidupkan mesin pengendara cukup menekan tombol start and stop, setelah itu tinggal urusan memegang kendali kemudi.

Suara mesin turbo berkapasitas 2.0L cukup halus, tanpa menunggu lama tuas transmisi di sebelah kanan kemudi tinggal di geser ke posisi "D". Perlahan bodi bonsor mulai bergerak maju mengikuti ritme kaki ketika menekan pedal gas.

Baca: Pesona Eksklusif Mercedes-Benz GLC Rakitan Wanaherang

Otomania/Setyo Adi Mesin 2.000 cc dilengkapi turbo mendukung performa agresifnya.

Dari data spesifikasi, mesin GLC 250 sudah mengaplikasi transmisi 9G-Tronic, mampu menghasilkan tenaga 211 tk dan torsi maksimal 350 Nm. Putaran tenaga sudah terasa dari putaran bawah berkat torsi yang bermain sejak dari bukaan rendah, buktinya tarikan awal cukup responsif.

Dilengkapi dengan lima mode berkendara, membuat GLC 250 cukup nyaman diatur sesuai penggunaan. Saat berkendara di dalam kota, pemilik bisa mengatur model eco atau comfort. Mau lebih bertenaga tinggal pindah ke model sport atau sport+ yang membuat tarikan lebih agresif pada tiap perpindahan giginya. Sedangkan untuk menunjang gaya berkendara pengemudi, tinggal geser ke mode individual.

Otomania/Setyo Adi Tes performa Mercedes-Benz GLC 250 Exclusive

Penasaran dengan limpahan tenaganya, KompasOtomotif sengaja sedikit memacunya di ruas jalan tol dalam kota saat malam hari. Menggunakan mode sport+ putaran tenaga sangat responsif sejak dari bawah, tidak butuh waktu lama untuk menyentuh angka di atas 150 kpj.

Baca: Nuansa Mewah Interior Mercedes-Benz GLC 250 Lokal

Handling

Selain menawarkan tenaga yang bisa diandalkan, Mercedes-Benz GLC 25O Exclusive juga memberikan kenyamanan ekstra untuk pengendaranya. Kemudahan untuk mengakses audio dan ragam fitur lain saat berkendara bisa dijangkau dengan mudah melalui tombol pada gagang kemudi, bahkan pengaturan kemudi juga dibuat fleksibel untuk menyesuaikan kebutuhan.

Otomania/Setyo Adi Mercedes-Benz GLC 250 Exclusive

Bermanuver di kecepatan tinggi bukan menjadi perkara sulit, sistem kemudi yang ringan membuat pengendara mudah mengendalikan gerak mobil. Sayangnya, masih sedikit terasa limbung, hal ini cukup wajar mengingat ground clearance GLA cukup tinggi, sesuai segmen SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com