Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintai, Sedan 4-Penumpang Tercepat di Dunia

Kompas.com - 13/01/2017, 11:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Bentley

Crewe, KompasOtomotif – Awal tahun, Bentley mengumumkan dimulainya produksi mobil berjuluk ”yang tercepat dan terkuat” Continental Supersports. Inilah grand tourer mewah, diklaim terganas yang pernah diproduksi.

Sebagai mobil penumpang, kecepatan tertingginya mencapai 336 kpj. Melaju dari diam ke 100 kpj hanya dicapai dalam 3,5 detik. Angka-angka itu menjadikan Continental Supersports terbaru ini menjadi mobil mewah berpenumpang empat yang layak diberikan gelar terkuat.

Saudaranya, Continental Supersports Convertible juga diklaim menjadi mobil berpintu dua tercepat di dunia, meluncur 0-100 kpj dalam 3,9 detik, kecepatan tertinggi menyentuh 330 kpj.

Semua itu berkat mesin W12 turbo 6.000 cc yang ditingkatkan performanya dengan tenaga maksimal 79 tk dan torsi 217 Nm. Perubahan rasio 10 persen power-to-weight dan 25 persen torque-to-weight adalah kunci kecepatan tingginya.

Kecepatan tinggi itu dikendalikan dengan rem carbon-ceramic performa tinggi berpendingin. Rem berada dibalik pelek 21 inci yang sangat ringan, hal ini yang menyebabkan pengurangan massa unsprung hingga 20 kg. Penghematan sebesar 5 kg juga ditawarkan secara optional  melalui sistem titanium exhaust.

New Supersports mempertahankan rear-blased split torsi dari sistem penggerak semua roda Bentley, yakni mengirimkan 60 persen dari kekuatan mesin untuk ban belakang sebagai standar demi keseimbangan lebih baik, karakter sport lebih terasa, tapi dengan kemampuan menyesuaikan medan.

Perubahan eksterior dramatis, termasuk pahatan bumper depan dan belakang bersama dengan splitter, diffuser serat karbon, side sill extension, dan lubang bonnet yang juga terbuat dari serat karbon.

Di dalam, ada tiga pola warna yang bisa dipilih. Namun untuk pengguna yang mencari personalisasi lebih, spesifikasi khusus pun disediakan, yakni delapan pola berbeda dengan dua warna unik. Itu sudah termasuk knalpot titanium, juga interior panel samping dari serat karbon.

Wolfgang Dürheimer, Chairman dan Chief Executive Bentley Motors, mengatakan bahwa Supersports menjadi nama legendaris di Bentley. Dari Supersports pertama tahun 1920-an, hingga Continental Supersports 2009.

”Sekarang, penyempurnaan ketiga dari model ikonik ini. Supersorts adalah nama yang menggairahkan, menggelisahkan, dan menggetarkan jiwa. Hanya Bentley yang bisa menciptakan mobil yang memadukan performa yang luar biasa dan kemewahan seperti ini,” ucap Durheimer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com