Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terjerat E-tilang

Kompas.com - 06/01/2017, 13:02 WIB
Operasi simpatik untuk menjaga ketertiban lalu lintas di seputaran Senen, Jakarta Pusat. Setyo Adi/OtomaniaOperasi simpatik untuk menjaga ketertiban lalu lintas di seputaran Senen, Jakarta Pusat.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Kepolisian Polda Metro Jaya berhasil menindak para pelanggar lalu lintas dengan sistem tilang elektronik (E-tilang). Selama sepekan diberlakukannya sistem baru ini, sudah ada ribuan pengguna kendaraan yang berhasil dijerat dengan E-tilang.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, menerangkan selain E-Tilang, kepolisian juga masih menggunakan slip biru saat menindak.

"Sejak diberlakukan 30 Desember 2016 sampai 5 Januari 2017 sudah ada 2.146 pelanggar malalui E-tilang. Salain itu digunakan juga slip biru yang tercatat sebanyak 10.372 pelanggar," kata AKBP Buyidanto dalam keterangannya, Kamis (5/1/2017).

Meski dinilai sudah efektif, namun masih ada beberapa kendala dalam memberlakukan sistem E-tilang. Mulai dari program yang belum di-update oleh petugas, lupa mengganti tanggal dan lokasi persidangan, serta kesalahan penetapan nominal denda.

Korlantas Data E-tilang per 5 Januari 2016

"E-tilang merupakan program baru sehingga banyak petugas yang masih binggung dalam pengoprasiannya. Untuk masalah di lapangan masih dalam tahap wajar dan dapat diselesaikan. Untuk ke depan akan semakin diminimalisir kekurangan-kekurangan yang ada," kata AKBP Budiyanto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X