Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Toyota Indonesia soal Model Baru untuk 2017

Kompas.com - 17/12/2016, 08:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Sebagai merek otomotif terlaris di Indonesia, kehadiran produk baru dari Toyota tentu layak ditunggu-tunggu. Jika tahun ini Toyota meluncurkan enam produk baru, bagaimana tahun depan?

Henry Tanoto, Vice President Director Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, terkait jumlahnya, Toyota masih belum mau mengatakan. Pastinya, kata Henry, produk Toyota yang hadir akan menyesuaikan dengan permintaan masyarakat.

“Kami tidak pernah membandingkan per tahunnya karena itu terkait kebutuhan masyarakat. Kami tidak pernah bilang kalau tahun ini empat, tahun depan harus lima, atau enam, tidak seperti itu. Terpenting adalah, kami selalu melihat kebutuhan masyarakat apa, dan sebisa mungkin menghadirkan produk seperti itu,” ujar Henry kepada KompasOtomotif, Jumat (16/12/2016).

Sebelumnya, saat peluncuran Toyota Transmover, Rabu (3/11/2016), Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM, mengatakan kalau tahun depan Toyota minimal akan melahirkan lima produk baru.

“Pasti ada, komitmen kami, akan buat baru terus. Tahun ini, lima produk baru, dengan Transmover jadi enam. Kalau tahun depan minimal lima,” ujar Soerjopranoto saat ditanyakan KompasOtomotif.

Henry menambahkan, terkait trennya, tahun depan pastinya masih multipurpose vehicle (MPV). “MPV masih suatu kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah kendaraan. Tahun ini saja komposisi penjualan MPV di Toyota sampai 65 persen, kalau di pasar bisa sampai 50 persen. Jadi, memang MPV adalah yang paling dibutuhkan masyarakat sampai saat ini,” ujar Henry.

Saat dipancing mengenai SUV, khususnya di segmen entry level, Henry spontan terdiam dan menuturkan, “Kalau detailnya, tunggu tanggal mainnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com