Kecelakaan Lalu Lintas Menurun pada November

Kompas.com - 12/12/2016, 07:58 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Korps Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ), pada bulan November 2016 tercatat mengalami penurunan. Dari analisis dan evaluasi yang dilakukan, bukan hanya jumlah yang turun tapi dari fatalitasnya (korban meniggal).

Dari informasi yang disampaikan AKBP Budiyanto, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas PMJ, dari total 524 kejadian pada Oktober 2016, menyusut 18 persen di November menjadi 471 kasus. Lalu dari sisi fatalitas korban meninggal, turun cukup signifikan 21 persen, dari 71 orang menjadi 57 orang.

“Melalui informasi ini, semoga bisa menjadi masukan kepada seluruh stake holder, untuk mengambil langkah secara terintegrasi, simultan, dan komprehensif, baik itu melalui tindakan pre-emtif, preventif, dan penegakan hukum, sesuai kapasitas kewenanganya masing-masing,” ujar Budiyanto, Minggu (11/12/2016).

Budiyanto melanjutkan, penyebab kecelakaan lalu lintas, mayoritas disebabkan oleh kesalahan faktor manusia (human error). Beberapa di antaranya seperti kurang berhati-hati, kurang konsentrasi, dan kelelahan.

Selain meninggal dunia, jumlah korban luka berat juga ikut turun 29 persen, sementara luka ringan 11 persen. Sementara dari status korban, karyawan swasta masih mendominasi angka kecelakaan, walapun ikut mengalami tren turun, dari 524 karyawan menjadi 437 karyawan, atau minus 17 persen.

Jika melihat dari jenis kendaraan, mayoritas yang terlibat adalah sepeda motor. Kemudian yang menjadi penyebab kecelakaan, mereka yang ada dalam usia produktif, antara 21 sampai 30 tahun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.