Tiru Gaya Dengkul Rossi, Pebalap Indonesia Kena Penalti 6 Bulan

Kompas.com - 07/12/2016, 18:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Burriam, KompasOtomotif — Tingkah laku mirip kelakuan Valentino Rossi saat menjatuhkan Marc Marquez tahun lalu dilakukan pebalap asal Indonesia, Syahrul Amin, ketika balapan di babak final Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 kelas Asia Production 250cc pada akhir pekan lalu. 

Aksi menyenggol pakai dengkul dan siku dilakukan Syahrul terhadap pebalap asal Australia, Jack Mahaffy, di Chang International Circuit di Burriam, Thailand.

Beda seperti kasus Rossi-Marquez, Mahaffy memang tidak jatuh, tetapi sikap tidak sportif Syahrul itu terekam kamera. Alhasil, dia dijatuhi penalti larangan balapan di level Asia selama enam bulan. 

Syahrul adalah juara Indospeed Racing Series (IRS) 2016 di dua kelas berbeda, 150cc dan 250cc. Dia mendapat jatah wild card tampil di ARRC 2016 menggunakan Yamaha R25 membela Yamaha Racing Indonesia.

Dilansir dari Otomotifnet, Selasa (6/12/2016), Syahrul mengatakan, Mahaffy mulai menyikut duluan begitu balapan dimulai dan membuat tangannya tersangkut di stang Mahaffy saat tikungan kedua. Syahrul mengakui kesalahannya meladeni kelakuan seperti itu.

"Saya sangat merasa bersalah dengan kejadian tersebut. Ini menjadi koreksi bagi diri saya sendiri. Ini merupakan kesalahan besar yang membuat rusak diri saya sendiri," kata Syahrul.

Lihat kelakuan Syahrul di video berikut:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.