Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duplikat Kunci "Immobilizer" Tidak Sampai Rp 1 Juta

Kompas.com - 25/11/2016, 09:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Teknologi immobilizer berupa kunci dengan chip berkode identitas unik yang hanya cocok pada satu mobil memberikan konsekuensi buat pemilik mobil. Produsen membuat kunci immobilizer dengan jumlah terbatas untuk satu mobil. Nah, yang jadi masalah besar kalau hilang.

Tanpa kode identitas yang identik, mesin mobil mustahil menyala. Biaya pembuatan kunci immobilizer via diler resmi bisa mencapai puluhan juta rupiah, di sinilah tukang duplikat kunci mengambil celah.

Baca: Kunci Immobilizer Raib, Siapkan Dana Puluhan Juta

Febri Ardani/KompasOtomotif Kunci Immobilizer yang siap dijadikan duplikat.
Sekarang pembuatan kunci immobilizer tidak lagi dikuasai produsen sebab versi duplikatnya sudah bisa dibuat dengan biaya lebih murah.

Salah satu tukang duplikat kunci di sentra otomotif di Jakarta mengaku bisa membuat tiruannya dengan biaya Rp 800.000. Dana segitu untuk membuat kunci immobilizer merek Toyota dan Honda yang belum terintegrasi dengan sistem alarm. Buat versi alarm kena sampai sekitar Rp 2 juta.

Istimewa "Perangkat khusus" untuk duplikasi kunci Immobilizer.
Cara pembuatan kunci immobilizer menggunakan perangkat khusus yang bisa mendeteksi kode identitas lantas menginjeksikannya ke kunci duplikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com