Kompas.com - 26/10/2016, 08:02 WIB
Honda Clarity Fuel Cell. WorldcarfansHonda Clarity Fuel Cell.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Mobil ramah lingkungan Honda bertenaga hidrogen (fuel cell vehicle/FCV), Clarity, diklaim sebagai kendaraan roda empat dengan total jarak tempuh terbaik. Honda sendiri mengatakan, ini prestasi tertinggi di antara mobil “zero emission” yang ada di jalan-jalan saat ini, mengutip Autoblog dan Motor1, Selasa (25/10/2016).

Berencana akan diuncurkan di akhir tahun ini, Honda baru saja membuat pernyataan resmi tekait catatan jarak tempuhnya, dengan kisaran menurut Environtment Protection Agency (EPA) di Amerika, 366 mil atau 589 kilometer untuk kapasitas satu tangki penuh.

Kemudian selain itu, diperoleh juga angka rata-rata konsumsi hidrogen pada 69 mile per galon (mpg) atau 29,3 kpl untuk berkendara dalam kota, 67 mpg (28,4 kpl) di tol, dan 68 mpg (28,9 kpl) kombinasi. Pasar pertama yang akan disasar model mobil ramah lingkungan Honda ini, adalah Amerika Serikat.

Sampai saat ini sudah ada 12 diler yang sepakat untuk menjadi pemasok di California. Lambat laun, produk ini akan terus bergerak menuju wilayah lain, seperti Los Angeles, San Francisco, dan Sacramento, serta wilayah lainnya, tentu seiring dengan perkembangan infrastruktur mobil FCV, seperti tempat pengisian hidrogen.

"Mobil ramah lingkungan yang bisa mengakomodasi perjalanan keluarga tidak lagi sebuah fiksi ilmiah. Tidak hanya bisa diisi oleh lima penumpang, dan waktu pengisian bahan bakar yang singkat tiga sampai lima menit, Clarity juga menawarkan driving range yang sudah setara dengan mobil bertenaga bensin," kata Steve Center, Vice President divisi Environmental Business Development Office American Honda Motor.

Jika dibandingkan, Clarity FCV memiliki jarak tempuh lebih unggul 51 mil atau 82 kilometer, dari pesaingnya Tesla Model S yang ada di angka 315 mil (506 kilometer). Lalu selisih 45 mil (86 kilometer) dari Toyota Mirai FCV dengan kemampuan tempuh 321 mil (516 kilometer ).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.