Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calya dan Sigra Enggak Ganggu Brio Satya

Kompas.com - 03/10/2016, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selama periode penjualan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, periode Juli dan Agustus 2016, kedatangan dua pemain baru low cost green car (LCGC) ini dianggap belum mengganggu Honda. Model yang bersinggungan, Brio Satya dan Mobilio, disebut masih kuat.

Calya dan Sigra yang datang sebagai model MPV 7-penumpang menggembungkan total pasar LCGC. Selama dua bulan, keduanya menambah hampir 20.000 unit.

Indikasinya, konsumen Brio Satya tidak tergoda oleh Calya dan Sigra. Bila ditelaah lebih detail, pada Juli saja, Brio Satya adalah model terlaris LCGC. Kemudian baru bergeser ke posisi kedua, pada Agustus di bawah Calya.

“Karena ada volume LCGC tujuh penumpang sehingga membuat total angka rasionya turun. Tetapi kalau lihat aslinya tidak turun, begitu pula dengan Brio dan Mobilio, kami tidak mengalami penurunan,” ucap Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director Honda Prospect Motor (HPM), di Jakarta, Kamis (27/9/2016).

Hal itu bisa terjadi, kata Jonfis, karena konsumen Brio berbeda dengan model merek lain. Angka penjualan Brio saat ini dijelaskan lebih tinggi dari tahun lalu.

Daftar penjualan:

Calya                                     Sigra                                    Brio Satya
Juli 3.003 unit                   Juli 2.014 unit                     Juli 3.111 unit
Agustus 9.241 unit        Agustus 5.734 unit           Agustus 5.812 unit
Total: 12.244 unit          Total 7.748 unit                  Total 20.308 unit 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com