Kenali Penyebab Rusaknya "As Kopel" Roda Mobil

Kompas.com - 26/09/2016, 10:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifKompasOtomotif sudah menjabarkan Terdengar ”Tek-tek-tek” dari Ban Saat Mobil Belok pada daerah roda mobil saat berbelok. Hampir pasti, bebunyian itu berasal dari Constant Velocity (CV) Joint atau disebut juga as kopel, atau kopel as bagian luar (outher shaft). Pertanyaan selanjutnya, kenapa bisa rusak?

Ada beberapa penyebab yang menurut Imam, punggawa bengkel Jaya Per di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, biasa ditemukan. ”Alasan paling gampang adalah usia. Karena ini kan benda bergerak, jadi pasti ada yang kerusakan jika lama dipakai,” kata Imam.

Detailnya, Imam mengatakan bahwa CV joint yang rusak bisa diakibatkan karena karet pelindung mulai getas karena panas. Panas membuat karet menjadi lebih kaku, ditambah dengan posisi komponen ini berada di bawah mesin sekaligus harus menerima genangan air jika hujan.

”Intinya ada di karet ini. Kalau sudah mulai rusak atau sobek, pelumas sudah pasti keluar. Terus, komponen di dalamnya kena debu dan kotoran, yang bikin pelumasan tidak sempurna lagi. Selain sobek atau getas, bisa juga longgar,” jelas Imam.

Imam menyarankan untuk pengguna mobil rajin memeriksa kondisi kaki-kaki paling tidak enam bulan sekali. Tinggal putar kemudi maksimal ke kanan atau kiri untuk mengintip bagian ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.