Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuktian Motor BMW Seri Petualang di Jerman

Kompas.com - 05/07/2016, 16:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Perwakilan BMW Motorrad Indonesia (Maxindo Moto) bertolak ke Munich, Jerman, bersama peserta dari negara lain untuk mengikuti pelatihan enduro atau off-road di kota Hechlingen. Di sinilah ketangguhan motor BMW seri adventure dibuktikan.

Enduro Park yang dimiliki BMW Motorrad memiliki luas 26 hektar dengan berbagai macam jenis lintasan yang dapat ditemui ketika melewati lintasan off-road pada umumnya. Tujuan training ini untuk mengasah skill, keselamatan, pengendalian, serta stamina.

Pelatihan khusus buat para pengguna motor BMW itu berada di bawah pengawasan instruktur yang berpengalaman serta menggunakan riding gear yang sesuai. Bahkan pelatihan ini juga diperuntukan bagi mereka yang belum memiliki pengalaman berkendara di medan off-road atau tingkatan pemula.

Perjalanan diawali dari Munich menuju Hechlingen dengan jarak tempuh 190 km menggunakan lima tipe motor, yaitu R 1200 GS, R 1200 GS Adventure, R 1200 RT, R 1200 RS, dan F 800 GS.

Dalam perjalanan ini pengendara ”dipaksa” merasakan banyak teknologi, di antaranya Gear Shift Assist Pro yang memudahkan pengendara mengganti transmisi tanpa menggunakan kopling. Lalu ada ASC – Automatic Stability Control dinamis yang mampu untuk menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan kondisi lintasan.

Ada juga Cruise Control yang user friendly membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman berpadu dengan pengendalian yang baik khas BMW Motorrad. Motor-motor itu sudah teruji dengan mesin boxer yang menunjang kestabilan saat berkendara di kecepatan tinggi maupun rendah.

BMW Motorrad Trek yang disiapkan BMW Motorrad, mencakup semua kondisi off-road.
Museum bawah tanah
Setelah menjalani Enduro Training, tim BMW Motorrad Indonesia meneruskan perjalanan ke Munich untuk mengunjungi BMW Museum serta BMW Welt yang terkenal dengan desain futuristik dan memiliki ruang penyimpanan kendaraan bawah tanah.

Penyimpanan kendaraan ini dilakukan oleh sebuah mesin dan dipantau oleh komputer canggih. Demi menjaga kondisi kendaraan serta menghindari kemungkinan terjadinya percikan api yang menyebabkan kebakaran, diterapkan pengurangan level oksigen.

Di tempat ini, nilai historis BMW dipertunjukan, baik dari sejarah pembuatan mesin pesawat terbang, pembuatan motor pertama yang diawali pada tahun 1921, pembuatan mobil pertama pada tahun 1929, hingga MINi dan Rolls Royce yang merupakan bagian dari BMW GROUP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com