Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Tak Bikin Mudik Bareng Tahun Ini, Ada Apa?

Kompas.com - 01/07/2016, 15:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bertahun-tahun menjadi ajang rutin, tiba-tiba PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) absen menyelenggarakan mudik bareng tahun ini. Ribuan peminat pun harus gigit jari dan harus kembali memacu sepeda motornya untuk pulang kampung. Ada apa?

KompasOtomotif mengonfirmasi langsung dari Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur, (1/7/2016). Dirinya membenarkan bahwa kegiatan ini tak diadakan tahun ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Yamaha dan diler utama sebagai pelaksana.

”Kami evaluasi, efektivitasnya agak kurang. Peserta atau peminatnya juga turun. Mungkin karena banyak perusahaan lain yang mengadakan mudik bareng,” kata Masykur.

Namun setelah KompasOtomotif menyinggung soal korelasi ditiadakannya mudik bareng dengan penjualan yang terus menurun, Masykur juga tak menampik.

”(Penjualan yang turun) itu juga menjadi salah satu penyebabnya. Kami masih bisa mengalokasikan dana untuk keperluan yang lain,” ucap Masykur.

Dirinya menegaskan bahwa ini bukan keputusan yang serba dadakan. Hasil evaluasi sudah ditentukan sejak sebelum bulan Ramadhan dimulai, bersama dengan Yamaha DDS Jakarta sebagai pelaksana.

Memang, untuk menggeber acara ini, tak sedikit dana yang dibutuhkan. Tahun lalu saja, YIMM memberangkatkan 1.250 pemudik, di mana masing-masing peserta cukup membayar Rp 50.000.

Motor diangkut menggunakan truk, sementara pemudik disewakan bus eksekutif plus berbagai fasilitas seperti snack hingga suvenir.

Kendati tahun ini Yamaha tak menggulirkan mudik bareng, namun Masykur mengatakan bahwa belum tentu tahun depan kembali absen. Semua masih dalam tahap evaluasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com