Jangan Asal Mudik, Beberapa Komponen Mobil Ini Wajib Dicek!

Kompas.com - 30/06/2016, 07:56 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi kompasiana.comIlustrasi mudik dengan mobil pribadi
|
EditorLatief


KOMPAS.com –
Seiring makin dekatnya Idul Fitri, arus pulang kampung atau mudik perlahan terus meningkat. Bagi pemudik dengan mobil pribadi harap berhati-hati, karena hampir setiap tahun angka kecelakaan saat musim mudik lebaran selalu tinggi.

Untuk menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan, seperti kecelakaan misalnya, Anda harus memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima. Apalagi, biasanya di sepanjang jalur mudik arus lalu lintas sangat macet.

Berlama-lama di jalur macet, selain membuat pengemudi lelah, juga bisa mengakibatkan mobil bekerja lebih keras. Untuk itulah, demi untuk meminimalkan gangguan pada mobil saat dalam perjalanan, ada baiknya Anda mengecek kondisi kendaraan ke bengkel terlebih dahulu.

Sebagai catatan, berikut beberapa komponen mobil yang wajib Anda cek sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman:

Oli mesin

Periksa ketinggian oli mesin, apakah masih berada pada level yang direkomendasikan atau tidak? Level oli mobil yang disarankan ada di antara garis bertanda F (fuel) dan E (empty). Jika berkurang, tambahkan dengan oli baru.

Namun, bila Anda ingin melakukan perjalanan jauh lebih baik, gantilah dengan oli baru. Kondisi pelumas baru akan membuat kerja mesin mobil jauh lebih ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat mengganti oli, jangan lupa untuk memeriksa kondisi filter oli dan bersihkan. Bila kondisi filter sudah terlalu kotor atau mobil telah menempuh 10 ribu kilometer(km), ada baiknya ganti dengan filter yang baru.

Pengereman

Saat melakukan perjalanan jauh komponen pengereman mobil bekerja ekstra keras. Sistem pengereman terdiri dari berbagai komponen seperti pedal rem, booster rem, selang rem, master  rem, kaliper rem, minyak rem, dan cakram.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.