Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Hollywood, Jadi Korban Jeep Cherokee

Kompas.com - 21/06/2016, 03:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – Aktor Hollywood yang ikut berperaan dalam film Star Trek, Anton Yelchin, dikabarkan meninggal dunia, Minggu (19/6/2016) waktu Los Angeles, setelah  dirinya tertabrak mobil Jeep Grand Cherokee 2015 miliknya sendiri.

Mengutip Jalopnik, Senin (20/6/2016), tragedi mengerikan ini terjadi saat mobil yang diparkirkan Yelchin tidak dalam posisi transmisi “parkir”, tetapi netral. Sehingga mobil bergerak sendiri, dan pada saat itu menabrak korban, hingga terjepit di kotak surat, yang membuatnya meninggal.

Pejabat Kepolisian Los Angeles (LAPD) mengkonfirmasi kalau Jeep yang menghantam Yelchin adalah Jeep Cherokee lansiran tahun 2015. Mobil ini merupakan salah satu produk Jeep, yang dikeluhkan konsumen, karena punya transmisi membingungkan, sehingga banyak pengemudi terkecoh, memposisikan tuas transmisi saat memarkirkan kendaraannya.

(Baca : Transmisi Aneh, FCA "Recall" Jutaan Unit Kendaraan)

Pada akhir April lalu, Fiat Chrysler Automobile (FCA) menyampaikan akan melakukan recall produknya tersebut, dan sudah mendapat respons dari Lembaga Keselamatan Jalan Raya, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Namun, sampai saat ini belum ada kabar apakah FCA melakukan recall tersebut, padahal sudah banyak memakan korban cedera. Kemungkinan besar, kasus yang menimpa Anton Yelchin terkait dengan permasalahan transmisi ini.

Model mobil yang kabarnya terkena recall, yaitu Dodge Charger dan Chrysler 300 lansiran 2012-2014, kemudian sport utility vehicle (SUV) Jeep Grand Cherokee keluaran tahun 2014-2015. Ada total 811.586 unit kendaraan di Amerika, 52.144 unit di Kanada, 16.805 di Meksiko, dan 248.667 unit lainnya yang tersebar di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com