Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Renegade, Mulai Diproduksi di China

Kompas.com - 19/04/2016, 16:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Guangzhou, KompasOtomotif – Prinsipal otomotif asal Italia dan Amerika, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mulai memproduksi Jeep Renegade di China. Ini dilakukan lantaran China memiliki potensi pasar otomotif yang besar.

Beroperasi dengan sistem joint veture dengan China’s Guangzhou Automobile Industry Group (GAC), pabrik yang akan menjadi tempat produksi Jeep, diklaim punya standar FCA berkelas international. Di dalamnya ada empat fasilitas produksi seperti stamping, welding, painting, general assembly, dan fasilitas jaminan mutu kendaraan.

“Hari ini merupakan langkah penting, sebagai salah satu strategi kami untuk mengembangkan pasar Jeep agar lebih luas. Lebih dari itu, ini merupakan wujud penguatan kerjasama dengan partner bisnis kami di China, GAC,” ujar Sergio Marchionne, FCA Chief Executive, seperti dilansir Leftlanenews.com, Selasa (18/4/2016).

Produk Jeep sendiri, punya posisi kuat dalam mempertahankan pertumbuhan di pasar Amerika, dengan mengambil keuntungan dari booming-nya penjualan segmen crossover dan sport utility vehicle (SUV). Dengan itu, FCA punya komitmen untuk semakin memperluas pasar Jeep ke seluruh dunia.

Tahun lalu di China, FCA mengklaim penjualan Jeep mengalami peningkaan signifikan sampai 50 persen, dibanding 2014. Capaian tersebut membuat China didapuk sebagai negara dengan pasar Jeep terbesar setelah Amerika.

Sebenarnya, pada 2015 lalu FCA juga berencana untuk menggelontorkan investasinya di Indonesia. Namun terkait dengan beberapa hal, khususnya masalah pajak dan regulasi yang masih labil, maka niatan tersebut urung dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com