Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit BBM Honda Supra GTR 150?

Kompas.com - 19/06/2016, 09:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 Jakarta, KompasOtomotif – Diberi kesempatan mengajak Honda Supra GTR 150 melibas jalan Jakarta, dimanfaatkan pula oleh KompasOtomotif untuk menakar konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Ini setidaknya memberi gambaran, berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika mengendarainya untuk aktivitas sehari-hari.

Saat melakukan pengetesan Supra GTR di jalan umum, KompasOtomotif berkendara layaknya biker pada umumnya, santai dan terkadang agresif. Tentu karakter mengemudi ini disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui.

Metode yang diaplikasikan dalam penghitungan BBM ini yaitu dengan full to full. Prinsipnya yaitu, banyaknya kilometer jarak yang ditempuh, dibagi dengan banyaknya bahan bakar yang digunakan.

Ghulam/KompasOtomotif Jarak tempuh pengetesan Honda Supra GTR 150.
Tahapan awal, mencatat angka kilometer (km), setelah bensin diisi full pertama, yang ada di angka 827 km. Kemudian di akhir pengetesan, BBM kembali diisi penuh untuk kedua kalinya, dan data km terakhir ada di posisi 881 km. Dari kedua data tersebut, selisihnya adalah 54 km, yang merupakan jarak tempuh test ride.

Selanjutnya, jarat tempuh tersebut (54 km) kemudian dibagi dengan dengan volume BBM pada pengisian terakhir, yaitu 1,483 liter. Baru setelah itu, didapatkan  hasil akhir konsumsi BBM Honda Supra GTR 150 yang ada di angka 36,41 kilometer per satu liter bensin.

Jadi lengkapnya

(881 km – 827 km) : 1,483 liter =

54 km : 1,483 liter = 36,41 km/liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com