Empat Komponen Bermasalah Terkait "Recall" Mitsubishi

Kompas.com - 07/06/2016, 00:39 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Indonesia menggulirkan program kampanye perbaikan (field fix campaign) pada beberapa produk kendaraan penumpang dan niaga ringan. Jumlah yang diperbaiki cukup masif, mencapai 124.435 unit mobil.

Dari seluruh recall yang dilakukan, melibatkan empat komponen yang diduga bermasalah dan butuh perbaikan atau pergantian.

Pertama, dalam keterangan resminya, Senin (6/6/2016), pihak KTB menyebut komponen yang bermasalah, yakni inflator kantong udara (airbag). Jadi, pada saat mengembang (ketika terjadi kecelakaan) berpotensi melepaskan partikel keras (serpihan) yang dapat menyebabkan cedera.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia “Recall” 124.000 Unit Lebih Kendaraan

Sampai saat ini, penyebab dari hal tersebut masih dalam tahap investigasi. Penggantian airbag inflator ini dilakukan sebagai tidakan pencegahan atas masalah tersebut dan lama perbaikan lebih kurang satu jam.

Kedua, Combination Switch. Ketika Turn Signal atau Wiper Switch dioperasikan, gesekan kecil terjadi di dalam terminal dan menghasilkan oksidasi residu keausan yang akan mengurangi fungsi si saklarsehingga berpotensi mengakibatkan tidak berfungsinya beberapa lampu utama kendaraan, mulai dari head lamp, clearance lamp, trail lamp, atau fog lamp saat switch dioperasikan.

Aplikasi Grease akan dilakukan pada bagian turn signal dan wiper switch, sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut. Estimasi perbaikan lebih kurang 30 menit.

Ketiga, ETACS ECU. Ditemukan adanya potensi tidak stabilnya tegangan dalam komponen ETACS ECU (lampu utama) dan wiper tidak berfungsi. Penggantian komponen ini akan dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut dan lama perbaikannya mencapai dua jam.

Terakhir, Fuel Tank, yang ditemukan potensi kurang sempurnanya pengelasan pada fuel filler neck yang dapat mengakibatkan kebocoran bahan bakar. Penggantian ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut dan estimasi perbaikannya hanya satu jam.

Mitsubishi mengklaim, hingga saat ini, belum terdapat laporan adanya insiden terkait dengan hal atau kondisi tersebut. Namun, kampanye ini tetap perlu dilakukan sebagai bentuk komitmen KTB dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.