Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sport Toyota-BMW Lahir di Austria

Kompas.com - 15/05/2016, 08:37 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Generasi terbaru BMW Z4 dan Toyota Supra bakal diproduksi pabrik Magna Steyr AG di Graz, Austria, mulai 2018. Informasi tersebut diungkap media lokal Kleine Zeitung yang juga menjelaskan kapasitas produksi kedua model satu platform itu mencapai 60.000 unit per tahun.

Magna Steyr adalah unit bisnis pemanufaktur dari perusahaan penyuplai otomotif asal Kanada, Magna International. Tugas spesifik Magna Steyr memproduksi model – model bervolume rendah, itulah yang membuatnya cocok buat lokasi kelahiran roadster hasil kerja sama BMW dan Toyota.

Motor1.com BMW Z5, penerus Z4 sedang diuji di musim dingin.
Kontrak baru BMW dengan Magna Styer ini dilakukan setelah Mini Paceman dan Countryman diputuskan untuk berhenti diproduksi tahun ini. Belum ada jawaban resmi tentang laporan ini oleh BMW ataupun Toyota.

Pada 2013 lalu BMW dan Toyota mencapai kesepakatan untuk mengembangkan basis arsitektur untuk mobil sport terbaru yang akan dijual oleh kedua merek. Rumornya, penerus Z4 akan dipanggil “Z5” sedangkan Supra tetap menggunaan nama yang sama.

Z4 telah dijual sejak 2009 sedangkan penjualan Supra sudah dihentikan pada 2002.

Baru sedikit yang diketahui tentang kedua model baru BMW dan Toyota. Namun, “Z5” pernah tertangkap kamera sedang diuji di kawasan bersalju.

Banyak yang percaya kedua model menggunakan mesin BMW, kecuali untuk versi hibrida yang memanfaatkan teknologi Toytoa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com