Truk Ringan Isuzu Kini dengan 6-Percepatan

Kompas.com - 11/05/2016, 16:40 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif - Isuzu Elf NMR 71 dibekali mesin tipe 4HG1-T yang berpadu padan dengan transmisi manual enam percepatan. Sebelumnya, hanya menggunakan lima percepatan. Lantas, kenapa di generasi terbaru ini dibuat enam percepatan?

Edy J Oekasah, Product Development Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menjelaskan, karakter konsumen di truk ringan di Indonesia itu sangat unik. Kendaraannya digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari pegunungan.

"Setelah dari gunung mengirimnya ke kota pasti lewat jalan tol. Kalau di pegunungan membutuhkan daya menanjak sedangkan di tol, speed, sehingga kita sediakan transmisinya enam percepatan," ujar Edy di Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/5/2016).

Edy menambahkan, langkah ini juga menjadi inovasi bagi Isuzu, karena pertama di kelasnya yang menerapkan transmisi manual enam percepatan pada truk ringannya. Berkat itu, konsumen akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

"Keuntungannya ada tiga, yaitu memiliki daya tanjak, daya cepat dan umur final gear ratio lebih panjang dibandingkan yang manual lima percepatan," kata Oje, panggilan akrabnya Edy.

Menurut Oje, gear ratio pada setiap gigi menjadi lebih besar, sehingga menjaga rpm tetap rendah dengan tenaga yang lebih besar. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga menjadi sangat efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.