Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Ringan Isuzu Kini dengan 6-Percepatan

Kompas.com - 11/05/2016, 16:40 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - Isuzu Elf NMR 71 dibekali mesin tipe 4HG1-T yang berpadu padan dengan transmisi manual enam percepatan. Sebelumnya, hanya menggunakan lima percepatan. Lantas, kenapa di generasi terbaru ini dibuat enam percepatan?

Edy J Oekasah, Product Development Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menjelaskan, karakter konsumen di truk ringan di Indonesia itu sangat unik. Kendaraannya digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari pegunungan.

"Setelah dari gunung mengirimnya ke kota pasti lewat jalan tol. Kalau di pegunungan membutuhkan daya menanjak sedangkan di tol, speed, sehingga kita sediakan transmisinya enam percepatan," ujar Edy di Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/5/2016).

Edy menambahkan, langkah ini juga menjadi inovasi bagi Isuzu, karena pertama di kelasnya yang menerapkan transmisi manual enam percepatan pada truk ringannya. Berkat itu, konsumen akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

"Keuntungannya ada tiga, yaitu memiliki daya tanjak, daya cepat dan umur final gear ratio lebih panjang dibandingkan yang manual lima percepatan," kata Oje, panggilan akrabnya Edy.

Menurut Oje, gear ratio pada setiap gigi menjadi lebih besar, sehingga menjaga rpm tetap rendah dengan tenaga yang lebih besar. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga menjadi sangat efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com