Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Ras Cukup Kental di Dunia SPG

Kompas.com - 13/04/2016, 14:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Tampil di pameran otomotif, merek-merek kendaraan tidak hanya hadir dengan memajang mobil andalannya, tetapi biasanya ditemani oleh sosok perempuan-perempuan cantik atau sales promotion girl (SPG).

Masing-masing SPG mempunyai rupa wajah yang beragam, yang utamanya bisa ditentukan dari ras, seperti yang asli Indonesia, oriental, dan indo atau blasteran. Menurut penuturan SPG yang diwawancarai KompasOtomotif, pembahasan mengenai ras cukup santer di kalangan SPG.

Hal itu seperti penuturan salah satu SPG Nissan yang mengatakan bahwa setiap merek mempunyai kriterianya masing-masing saat open recruitment. Bahkan sampai ada yang mencantumkan ras tertentu yang diperbolehkan dan tidak.

“Iya, jadi ketika kami mendapat broadcast tawaran pekerjaan, biasanya sudah tercantum ras mana yang diminta. Tentu berbeda-beda setiap mereknya. Tetapi, ada juga yang memperbolehkan ras apa pun,” ujar Okta, Rabu (13/4/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Malla Shary

Di tempat lain, salah satu SPG Mitsubishi yang tidak ingin disebut namanya mengatakan, merek-merek Jepang biasanya lebih memilih wajah-wajah yang oriental, khususnya Honda. Namun, ada juga yang mempersilakan ras apa pun walaupun dominasinya tetap oriental.

Kemudian, Dea melanjutkan, untuk merek Eropa atau Amerika, kebanyakan yang dipilih adalah yang berwajah asli Indonesia atau blasteran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com