Ini "Double Cabin" Esemka yang Siap Diproduksi

Kompas.com - 21/03/2016, 13:01 WIB
Mobil baru Esemkan yang akan diproduksi Kompas.comMobil baru Esemkan yang akan diproduksi
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif
- Setelah pabrik selesai pada Juni 2016 nanti, PT Adiperkasa Citra Esemka sudah siap memproduksi produk terbaru mobil merek nasional. Dari total lima model, KompasOtomotif berhasil mendapat bocoran sketsa dan spesifikasi salah satu model andalannya.

Meski belum mau mengonfirmasi, melihat dari wujudnya, model ini bakal menjadi generasi terbaru Digdaya. Kabin ganda andalan merek nasional Indonesia, Esemka ini sekilas wujudnya mirip dengan generasi terbaru Ford Ranger.

Menurut sumber mobil ini nantinya akan dibekali dengan mesin berkapasitas 2.000 cc. Tapi untuk tipe mesin ia mengaku belum tahu jenisnya.

"Pakai mesin diesel, kapasitas 2.000 cc untuk yang double cabin, tenaganya itu 100 kW dan torsi 300 Nm dengan transmisi lima percepatan manual. Tapi untuk tipe mesin dan pengeraknya saya belum tahu," ucap sumber saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (16/3/2016).

Dari segi dimensi, mobil kabin ganda Esemka ini akan memiliki panjang 5219 mm, lebar 1870mm, tinggi 1844mm, dan sumbu roda 3100 mm. Sedangkan dimensi bak memilik ukuran panjang 1497 mm, lebar 1499 mm, dan tinggi 530 mm.

Untuk sistem pengendalianya sudah menggunakan hydrolic power steering layaknya mobil modern saat ini. Untuk fitur keselamatan sistem pengereman depan dilengkapi dengan cakram plus booster, anti-lock braking sistem (ABS), serta electronic brakeforce distribution (EBD) yang berfungsi untuk memperpendek jarak pengereman.

Untuk suspensi sendiri, bagian depan sudah dialokasikan model double wishbone dengan peredam double action hydrolic . Sedangkan bagian belakang menggunakan Axle rigid per daun dengan peredam yang sama dengan bagian depan.

Data Spesifikasi Lengkap

Dimensi

Panjang Total (mm)                5.219            
Lebar Total (mm)                    1.870            
Tinggi Total (mm)                   1.844            
Jarak Sumbu (mm)                3.100                                            
Roda Depan  (mm)                1.580            
Roda Belakang (mm)             1.580            
Julur Depan  (mm)                   905            
Julur Belakang  (mm)            1.214            
Jarak Bebas Min (mm)            200            
Dimensi Bak Muatan  (mm)    1.497 x 1.499 x 530            

Mesin

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X