Jokowi Menyiapkan Boyolali Jadi Basis Produksi Esemka

Kompas.com - 21/03/2016, 07:02 WIB
Esemka Rajawali. Azwar FerdianEsemka Rajawali.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Boyolali, KompasOtomotif - Pabrik perakitan mobil bermerek nasional, Esemka saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Pabrik yang memiliki luas lahan mendekati 13 hektar ini berdiri di Boyolali, bukan Solo yang menjadi kota pertama mobil tersebut lahir.

Bupati Boyolali Seno Samodro, mengatakan bahwa pembangunan pabrik Esemka di kotanya karena atas arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencana ini, kata Seno, sudah dibicarakan sudah dari jauh hari.

"Rencana pembangunannya sudah lama, sejak ia (Jokowi) belum dilantik jadi Presiden. Jadi waktu itu kami sempat ketemu, dan ia berharap untuk pembangunan pabrik Esemka nanti ada di kota Boyolali. Dia minta carikan lahan sekitar 20 hektar waktu itu," ujar Seno kepada KompasOtomotif di Boyolali, Minggu (13/3/2016).

Hal ini pun disambut baik oleh Seno yang akhirnya mendapat lahan di Desa Demangan, Kecamatan Sambi Boyolali pada 2014. Setelah proses pembicaran dengan para pengurus desa baik RT dan RW ia pun mendapat izin untuk menggunakan lahan tanah kering dengan luas hampir 13 hektar.

"Untuk lahan saya yang carikan, saat proses penandatangan MOU tahun 2015 lalu dilakukan oleh pak Hendro sendiri dan perwakilan dari pak Jokowi di Boyolali," ucap Seno.

Salah satu alasan lain kenapa di pilih kota Boyolali untuk di jadikan pabrik adalah karena kota ini memiliki perkembangan yang pesat di sektor industri. Dengan hadrinya pabrik Esemka, ia berharap menjadi awal untuk perkembangan industri otomotif di kota ini ke depannya.

Laporan Langsung Wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.