Diam-Diam, “Mobnas” Esemka Siapkan Pabrik di Boyolali

Kompas.com - 11/03/2016, 07:02 WIB
Mobil Esemka, Senin (9/2/2015). KOMPAS.COM/ M WismabrataMobil Esemka, Senin (9/2/2015).
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Belum lama ini, KompasOtomotif  memberitakan tentang rencana produksi “mobil nasional” (mobnas) Esemka yang akan dimulai paruh kedua tahun ini. Informasi itu terus mengalir, dan terbaru ada bocoran mengenai tempat berdirinya pabrik perakitan.

Dari sumber yang mengetahui rencana ini, pembangunan pabrik Esemka berlokasi di Jawa Tengah. Saat ini, proses pembangunannya sudah berjalan.

“Pabriknya di Boyolali, tepatnya di Desa Demangan, Kecamatan Sambi,” kata sumber kepada KompasOtomotif, Kamis (10/9/2016) malam.

Sayang, sumber enggan membuka keran informasi lebih lebar. Ia mengelak, tidak punya hak untuk membeberkan lebih dalam, karena orang yang seharusnya memberikan pernyataan itu adalah AM Hendropriyono pemilik PT Adiperkasa Citra Lestari yang sudah resmi meminang PT Solo Manufactur Kreasi (SMK).

“Sekarang sudah mulai dibangun pabriknya. Lebih lengkapnya bisa ditanyakan langsung ke pak Hendro,” ucap sumber itu.

Dalam mengembangkan Esemka, perusahaan milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu bekerjasama dengan produsen mobil nasional Malaysia, Proton. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) itu disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia, Februari 2015.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X