Kompas.com - 22/02/2016, 07:22 WIB
Esemka Rajawali. Azwar FerdianEsemka Rajawali.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Gaung mobil nasional Esemka begitu nyaring terdengar sampai ke seluruh pelosok negeri Tanah Air dan berhasil memperkenalkan Joko Widodo sebagai Walikota Solo, pada 2012 lalu. Lantas, sekarang apa kabar proyek mobil yang digagas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini sekarang?

Tahun lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) resmi dipinang oleh perusahaan pimpinan AM Hendropriyono, PT Adiperkasa Citra Lestari. Kedua perusahaan itu bekerjasama untuk menggarap proyek mobil nasional (mobnas) Esemka.

Lama tak terdengar kabarnya, kini kedua perusahaan itu dikabarkan  tengah menyiapkan segala sesuatu untuk memproduksi mobil Esemka. Kabar terbarunya, Esemka akan diproduki mulai paruh kedua tahun ini.

“Kamu tahu dari siapa?,” tanya Direktur Pemasaran dan Komunikasi Publik PT Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budhi saat dihubungi KompasOtomotif, belum lama ini.

Sabar menjelaskan, pihaknya belum bisa menjawab apakah itu benar atau tidak. Sebab, belum ada kesepakatan siapa yang akan mengumumkan kepada masyarakat.

“Kita belum bisa berikan informasinya. Mungkin bisa ditanyakan langsung kepada beliau (Hendropriyono) agar lebih jelas, karena beliau yang memiliki wewenang untuk sekarang ini,” kata Sabar.

Sampai berita ini diturunkan, mantan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) itu belum menjawab pesan singkat dari KompasOtomotif dan terakhir dihubungi, nomor teleponnya sedang tidak akrif.

Ketika informasinya digali ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Deputi Pengendalian Investasi BKPM Azhar Lubis mengatakan, belum mengetahui ada perusahaan atas nama Hendropriyono atau nama lainnya yang mendaftarkan penanaman modal investasi membangun pabrik perakitan.

“Saya belum tahu, tetapi setahu saya belum ada. Nanti saya coba cek kembali,” kata Azhar singkat kepada KompasOtomotif, Sabtu (20/2/2016).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X