Honda CBR250RR 2-Silinder Masih Terganjal Masalah

Kompas.com - 16/02/2016, 07:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Di ajang Tokyo Motor Show 2015, Honda memperkenalkan sosok prototipe konsep sepeda motor super sport berbobot ringan (light weight super sports concept). Konsep ini merupakan cikal bakal sport 250cc dengan mesin 2-silinder atau generasi baru CBR250RR.

Ketika peluncuran All NewHonda CBR150R di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (14/2/2016), Kenji Kawai, Large Project Leader Honda R&D Ltd, menjelaskan tentang generasi baru CBR250RR. Peluncurannya di Indonesia belum bisa dipastikan kapan waktunya.

“Sampai saat ini masih dalam pengembangan lanjutan. Kami menyadari masyarakat Indonesia ingin secepatnya mendapatkan model baru tersebut, tetapi maaf kami belum bisa menjawab kapannya,” ujar Kawai, di Bogor, Minggu (14/2/2016).

Selain itu, lanjut Kawai, ada masalah pada teknologi produksi dan kandungan lokal. Rumor bakal diproduksi massal di Indonesia ternyata benar. Sebab, menurut Kawai, teknologi untuk memproduksi CBR250RR belum ada di Indonesia.

“Kami perlu melakukan transfer teknologi, terutama terkait teknologi produksi yang belum ada. Ada masalah juga pada kandungan lokal. Karena kami selalu ingin membuat motor yang sesuai dengan pasar Indonesia,” kata pria asal Jepang ini.

Tak hanya itu, Kawai juga membocorkan kalau generasi baru CBR250RR akan mengusung konsep yang sama seperti All NewHonda CBR150R, yaitu “Speed dan Shape”.

“Kami sudah mendapatkan bocoran dari R&D kalau CBR250RR tidak hanya mengedepankan tampilan, tetapi juga akan mendapatkan performa yang sangat baik,” ujar Kawai.

Sebelumnya, KompasOtomotif pernah memberitakan bahwa generasi baru CBR250RR akan diproduksi massal di Indonesia, tepatnya di pabrik PT Astra Honda Motor di Karawang, Jawa Barat. Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi, termasuk pusat ekspor ke negara lain di dunia.

“Rencananya, produksi akan dimulai paling cepat awal semester kedua 2016, sekitar Agustus,” ujar seorang sumber kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.