Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR250RR 2-Silinder Masih Terganjal Masalah

Kompas.com - 16/02/2016, 07:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bogor, KompasOtomotif – Di ajang Tokyo Motor Show 2015, Honda memperkenalkan sosok prototipe konsep sepeda motor super sport berbobot ringan (light weight super sports concept). Konsep ini merupakan cikal bakal sport 250cc dengan mesin 2-silinder atau generasi baru CBR250RR.

Ketika peluncuran All NewHonda CBR150R di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (14/2/2016), Kenji Kawai, Large Project Leader Honda R&D Ltd, menjelaskan tentang generasi baru CBR250RR. Peluncurannya di Indonesia belum bisa dipastikan kapan waktunya.

“Sampai saat ini masih dalam pengembangan lanjutan. Kami menyadari masyarakat Indonesia ingin secepatnya mendapatkan model baru tersebut, tetapi maaf kami belum bisa menjawab kapannya,” ujar Kawai, di Bogor, Minggu (14/2/2016).

Selain itu, lanjut Kawai, ada masalah pada teknologi produksi dan kandungan lokal. Rumor bakal diproduksi massal di Indonesia ternyata benar. Sebab, menurut Kawai, teknologi untuk memproduksi CBR250RR belum ada di Indonesia.

“Kami perlu melakukan transfer teknologi, terutama terkait teknologi produksi yang belum ada. Ada masalah juga pada kandungan lokal. Karena kami selalu ingin membuat motor yang sesuai dengan pasar Indonesia,” kata pria asal Jepang ini.

Tak hanya itu, Kawai juga membocorkan kalau generasi baru CBR250RR akan mengusung konsep yang sama seperti All NewHonda CBR150R, yaitu “Speed dan Shape”.

“Kami sudah mendapatkan bocoran dari R&D kalau CBR250RR tidak hanya mengedepankan tampilan, tetapi juga akan mendapatkan performa yang sangat baik,” ujar Kawai.

Sebelumnya, KompasOtomotif pernah memberitakan bahwa generasi baru CBR250RR akan diproduksi massal di Indonesia, tepatnya di pabrik PT Astra Honda Motor di Karawang, Jawa Barat. Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi, termasuk pusat ekspor ke negara lain di dunia.

“Rencananya, produksi akan dimulai paling cepat awal semester kedua 2016, sekitar Agustus,” ujar seorang sumber kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com