Bus Ini Dipercaya Pemerintah sebagai Sarana Transportasi Massal

Kompas.com - 22/01/2016, 18:45 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Bus-bus Hino bakal semakin mudah ditemui pada masa akan datang. Populasinya terus bertambah besar seiring kepercayaan pemerintah yang menggunakan merek Jepang ini untuk memberikan layanan transportasi kepada masyarakat.

Terbaru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memesan 1.240 unit bus Hino sebagai bantuan untuk pemerintah daerah dan dua BUMN di bidang transportasi, yaitu Perum DAMRI dan Perum PPD. Penyerahan simbolis dilakukan pada Kamis (21/1/2016), di kantor Kemenhub, Jakarta.

Bus yang akan digunakan ada dua tipe. Pertama, untuk bus rapid transit (BRT) menggunakan Hino R 260. Kendaraan ini memakai mesin bertenaga 260 PS, dilengkapi sistem pengereman full air serta teknologi frame yang lebih kuat dan bikin sistem suspensi lebih nyaman.

HMSI Hino Tipe FB 130 akan digunakan untuk moda transportasi di daerah.
Lalu, ada juga bus sedang Tipe FB 130, kendaraan bermesin 130 tk yang dilengkapi turbo intercooler yang didukung dengan double acting shock absorber. Bus ini juga mempunyai tapak ban lebih lebar, menjanjikan kestabilan berkendara.

Dari 1.240 bus bantuan tersebut, 1.050 unit di antaranya untuk bus rapid transit. Sedangkan 15 unit dipakai untuk bus pemadu moda, 50 unit untuk bus angkutan perkotaan, dan 125 unit untuk angkutan perintis.

Adapun penerima 1.050 unit BRT yaitu Aceh (25 unit), Lampung (20 unit), Pemprov Maluku (5 unit), DI Yogyakarta (25 unit), Pemkot Pekanbaru (50 unit), Pemkot Batam (15 unit), Pemkot Palembang (50 unit), Pemkot Semarang (25 unit), Pemkot Sorong (10 unit), Perum Damri (225 unit), dan Perum PPD (600 unit).

Di sisi purnajual, Hino siap memberikan layanan terbaik, seperti Free Service Program, yaitu layanan servis berkala gratis untuk dua tahun atau 60.000 km, dan Kontrak Service demi menjaga bus tetap terawat dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.