Kendaraan Penerobos Palang Pintu Kereta Api Diburu Polisi!

Kompas.com - 01/12/2015, 08:21 WIB
Pengendara motor menerobos palang pintu kereta di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu (7/11/2012). Minimnya kesadaran keselamatan berkendara membahayakan diri sendiri dan orang lain. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pengendara motor menerobos palang pintu kereta di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu (7/11/2012). Minimnya kesadaran keselamatan berkendara membahayakan diri sendiri dan orang lain.
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Meski sangat membahayakan, tapi kesadaran para pengguna kendaraan baik roda empat atau dua saat melintasi palang pintu kereta api masih minim.

Buktinya, masih banyak pengendara yang nekad menerobos, padahal nyawa taruhannya.

Melihat kondisi seperti itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan atau mengefektifkan kembali penegakan hukum terhadap pelanggaran tersebut. Setiap kendaraan yang menerobos palang pintu kereta api akan ditilang.

“Jika nekad menerobos palang pintu kereta api, pengguna kendaraan baik roda dua atau empat itu akan dikenakan sanksi,” ujar Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto kepada KompasOtomotif, Senin (30/11/2015) malam.

Menurut Budiyanto, pengguna kendaraan yang melanggar itu dikenakan sanksi pidana pasal 296 UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Pengemudi akan terancam terkena hukuman kurungan (penjara) tiga bulan atau denda Rp 750.000.

“Kita akan lakukan dalam waktu dekat ini. Nantinya masing-masing perlintasan kereta api akan diawasi oleh petugas polisi,” kata Budiyanto.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X