Intip Dapur Canggih Toyota Kijang Innova Terbaru [Galeri Foto]

Kompas.com - 26/11/2015, 09:02 WIB
Proses perakitan Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Karawang Plant I milik Toyota Motor Manufacturing (TMMIN). Febri Ardani/KompasOtomotifProses perakitan Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Karawang Plant I milik Toyota Motor Manufacturing (TMMIN).
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Mengembangkan model dengan perubahan total alias melahirkan generasi baru tidak mudah. Di balik produk final ada perencanaan matang yang bekerja di belakang layar.

Awal pekan lalu Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) buka-bukaan soal All-New Kijang Innova. Karawang Plant I di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini menjadi lokasi produksi Innova dan Fortuner itu menerima tamu kalangan jurnalis.  

Febri Ardani/KompasOtomotif Main body Toyota All-New Kijang Innova.
Peristiwa ini boleh jadi jarang terjadi, “dapur” boleh ditengok pihak luar terutama buat peliputan. Sama saja seperti restoran, ada banyak resep, bumbu, alat masak, dan masakan, berstatus rahasia yang seharusnya tidak diketahui banyak orang.

Tapi kali ini beda, TMMIN ingin menunjukan hasil investasi Rp 5 triliun untuk produksi model baru Innova. Modal itu sudah digunakan merombak total dapur berikut isinya jadi lebih modern.

Febri Ardani/KompasOtomotif Sasis baru Toyota All-New Kijang Innova.
Biasanya, siapapun pengunjung pabrik harus melewati pemeriksaan ketat. Alat dokumentasi seperti kamera pada ponsel wajib ditutupi agar tidak bisa mengambil gambar. Namun hari itu istimewa sebab aturannya lebih lunak. Jurnalis diizinkan mengambil foto aktivitas produksi Innova.

Febri Ardani/KompasOtomotif Proses perakitan bodi dengan sasis All-New Kijang Innova.
Hasilnya, sebagian besar aktivitas pabrik bisa diamati, generasi kedua Innova pun tampil "telanjang". Aktivitas yang terekam mulai dari stok komponen dari pemasok, proses pemasanagan bodi dengan sasis, hingga unit All-New Innova dites kualitas sebelum dikirim ke gudang stok unit.

Penasaran seperti apa? Lihat galeri fotonya di tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.