Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Dapur Canggih Toyota Kijang Innova Terbaru [Galeri Foto]

Kompas.com - 26/11/2015, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Mengembangkan model dengan perubahan total alias melahirkan generasi baru tidak mudah. Di balik produk final ada perencanaan matang yang bekerja di belakang layar.

Awal pekan lalu Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) buka-bukaan soal All-New Kijang Innova. Karawang Plant I di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini menjadi lokasi produksi Innova dan Fortuner itu menerima tamu kalangan jurnalis.  

Febri Ardani/KompasOtomotif Main body Toyota All-New Kijang Innova.
Peristiwa ini boleh jadi jarang terjadi, “dapur” boleh ditengok pihak luar terutama buat peliputan. Sama saja seperti restoran, ada banyak resep, bumbu, alat masak, dan masakan, berstatus rahasia yang seharusnya tidak diketahui banyak orang.

Tapi kali ini beda, TMMIN ingin menunjukan hasil investasi Rp 5 triliun untuk produksi model baru Innova. Modal itu sudah digunakan merombak total dapur berikut isinya jadi lebih modern.

Febri Ardani/KompasOtomotif Sasis baru Toyota All-New Kijang Innova.
Biasanya, siapapun pengunjung pabrik harus melewati pemeriksaan ketat. Alat dokumentasi seperti kamera pada ponsel wajib ditutupi agar tidak bisa mengambil gambar. Namun hari itu istimewa sebab aturannya lebih lunak. Jurnalis diizinkan mengambil foto aktivitas produksi Innova.

Febri Ardani/KompasOtomotif Proses perakitan bodi dengan sasis All-New Kijang Innova.
Hasilnya, sebagian besar aktivitas pabrik bisa diamati, generasi kedua Innova pun tampil "telanjang". Aktivitas yang terekam mulai dari stok komponen dari pemasok, proses pemasanagan bodi dengan sasis, hingga unit All-New Innova dites kualitas sebelum dikirim ke gudang stok unit.

Penasaran seperti apa? Lihat galeri fotonya di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com