Kompas.com - 25/11/2015, 13:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif — Toyota Astra Motor (TAM) rencananya bukan hanya menjual Sienta, tetapi juga membuatnya diproduksi di Indonesia. Kabar ini tersirat dari beberapa narasumber Toyota, Selasa (24/11/2015). Kesimpulannya, tahun depan, strategi Toyota di Indonesia banyak berubah.

Acuannya ada pada mulai beroperasinya pabrik Karawang Plant III milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan industri Karawang, Jawa Barat, pada semester pertama 2016. Pabrik baru ini adalah bagian investasi Rp 13 triliun mereka. Ground breaking-nya sudah dilakukan sejak Februari 2014.

Di Karawang Plant III, TMMIN akan memproduksi mesin, salah satunya generasi baru berkapasitas 1.5L. Setelah aktivitas produksi dimulai, suplai mesin ditujukan untuk ekspor dan juga domestik.

Rencananya, mesin itu bakal disematkan di Sienta yang nantinya diproduksi di Indonesia. Saat ini, MPV dengan pintu geser itu masih diproduksi di pabrik Toyota di Ohira Miyagi, Jepang, dan dijual khusus JDM (Japanese domestic market).

Sienta akan jadi MPV keempat bermerek Toyota yang dilahirkan di Indonesia, setelah Innova (diproduksi TMMIN), Avanza (diproduksi Astra Daihatsu Motor), dan NAV1 (diproduksi PT Sugity Creatives).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.