Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Adik Toyota Innova?

Kompas.com - 19/05/2015, 15:04 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Toyota sedang menyiapkan model terbarunya yang bernama Sienta MPV. Meski berstatus sebagai mobil multiguna, Sienta hanya memiliki konfigurasi lima kursi. Prediksinya, ini merupakan adik Innova yang sedang disiapkan oleh Toyota.

Sienta bukanlah model terbaru milik Toyota. Model ini kali pertama diproduksi pada 2003 silam dengan mengisi segmen mini MPV lima pintu. Seperti dilansir Indianautosblog, Selasa (19/5/2015), generasi terbaru Sienta ini akan meluncur pada 9 Juli mendatang.

Awalnya, Sienta dirancang khusus untuk konsumen Jepang. Seiring pertumbuhan model MPV di pasar negara berkembang, termasuk India dan Indonesia, Sienta masuk dalam daftar mobil yang kemungkinan akan dilepas di luar Jepang.

Desainnya dinamis, mirip Toyota Aqua hatchback. Fitur terbaru yang diusung adalah pintu model geser di kedua sisi, yang berguna memudahkan akses penumpang di kabin belakang. New Sienta punya dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.470 mm.

Indianautosblog Kabin depan New Toyota Sienta
Interiornya juga mendapat ubahan dengan desain yang lebih sederhana dan ergonomis. Dasbor berdesain dua warna dengan panel instrumen lebih modern. Tuas transmisi di tengah terhubung dengan dasbor dan pusat infotaintment berukuran besar.

New Toyota Sienta dipersenjatai mesin empat silinder 1,5 liter dengan variable valve timing (VVT). Unit mesin ini menghasilkan daya 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,3 Nm pada 4.400 rpm. Mesin terhubung dengan girboks CVT. Sementara itu, konsumsi bahan bakar diklaim menembus angka 20,6 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com