Kompas.com - 13/11/2015, 07:42 WIB
Ilustrasi Jok Mobil Sofa Felix Soul MedsIlustrasi Jok Mobil Sofa
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bicara modifikasi jok, lokasi ini sudah kawakan sejak jaman dulu. Namun, seiring berjalannya waktu, lambat laun makin ditinggalkan, yakni kawasan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat.

KompasOtomotif coba menyambanginya, dan ternyata masih beroperasi dan cukup kompetitif. Misalnya, buat hatchback, seperti Jazz, Yaris, Mazda2, Swift, atau sejenisnya bisa mengganti cover jok dengan banderol mulai Rp 950.000. 

Salah satu pengerajin jok mobil di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Dedi menjelaskan, bagi pengguna mobil hatchback mempercantik tampilan interior bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama memasang cover dan kedua mengganti jok dengan motif menyesuaikan selera.

“Kita jualannya dibagi perjenis mobil. Harganya pun kita bagi-bagi lagi tergantung kualitas kulitnya,” kata Dedi saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (12/11/2015).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Pembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat.

Dedi menjelaskan untuk penggunaan cover jok, harganya dimulai dari Rp 950.000 hingga Rp 2 jutaan. Sedangkan ganti jok dimulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta. Kategorinya terbagi menjadi tiga, yakni murah, menengah, dan mahal.

“Kalau yang murah itu bahannya tidak sebagus yang harganya mahal. Kita sesuaikan saja dengan kemampuan dan keinginan konsumen. Pengerjaannya bisa satu hingga tiga hari, tergantung tingkat kesulitannya juga,” kata pria yang sudah 30 tahun menggeluti usaha membuat jok mobil ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.