Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jok Mobil Kompetisi Vs Jalanan

Kompas.com - 26/05/2009, 05:41 WIB

KOMPAS.com — Jok aftermarket pada mobil tak sekadar peningkat gaya. Lebih dari itu, bagian itu berfungsi sebagai pelengkap sekaligus penyelamat bagi pengemudi dan penumpang depan, yang tenaga mesinnya cukup besar alias telah mengalami modifikasi, apalagi kalau alirannya bergaya racing.

Secara bentuk, jok punya dua pilihan, yakni disebut semi-bucket seat dan bucket seat. Apa yang membedakan kedua jok ini dan berapa harganya?

Bucket seat
Umumnya, ini dipakai untuk kepentingan kompetisi (balap, drag race, reli, dan off-road; harus enteng dan punya aspek rigiditas. Bahan dasarnya terbuat dari fiberglass atau serat karbon yang punya bobot ringan (4-8 kg). Maka, bentuknya pun kaku karena dirancang agar badan "terkunci" (tidak bergerak). Memang, segi kenyamanan jadi berkurang, tetapi masih bisa atur kendali mobil.

Untuk jok model bucket seat, ada beberapa merek yang populer di Tanah Air, seperti Sparco yang punya beberapa tipe di antaranya Evo2, Evo3, Corsa, dan Circuit Pro. Harga kisaran antara Rp 9 juta dan Rp 12 juta. Kemudian, ada Recaro model SPG dengan harga mulai dari Rp 8 jutaan sampai tipe Pro Racer dengan nominal harga Rp 18 jutaan.

Kemudian, ada Bride yang di antaranya Stradia dan Gias dengan harga sekitar Rp 15 juta. "Ada jok yang lagi laris karena harganya relatif murah, yakni Bride Zeta III seharga Rp 10 jutaan," ujar Dalvin, bos CK Motorsport yang menjembatani penyuka jok Bride.

Semi-bucket seat
Sebutan lainnya jok sport. Bentuknya hampir mirip dengan bucket seat, tetapi tidak kaku. Bagian pinggang dan paha yang kaku dan menempel di bucket seat dieliminir, di sini diganti dengan busa. Perbedaan dengan bucket terletak pada ketebalan busa dan direkomendasi, selain untuk keperluan kompetisi, juga buat harian.

Untuk keperluan harian, silakan pilih jok model racing nan ergonomis yang nyaman dan juga punya fitur reclining. Produknya, ada Bride dengan tipe terlaris Ergo II, Euro II, dan Euro II Cruz (dilengkapi dengan sandaran tangan). Harga mulai dari Rp 10 jutaan.

Adapun paket murahnya, ada model Digo yang dibanderol Rp 8,5 jutaan. Kemudian, ada SR-5 seharga Rp 16,3 juta dan Sparco Chirono seharga Rp 8 jutaan di DRM Motorsport.

Fitur jok
Sebagai informasi saja, pada jok ada beberapa fitur yang perlu diketahui.
1. Stepless recliner
Jok dengan posisi sandaran punggung yang bisa diatur secara bebas.

2.Arm rest
Beberapa desain jok racing, seperti Recaro dan Bride, menambahkan sandaran tangan, seperti pada Bride Euro II Cruz.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com