Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi: Honda Bantu Lorenzo Juara

Kompas.com - 09/11/2015, 07:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Valencia, KompasOtomotif
— Aksi balap luar biasa Valentino Rossi “membelah” Sirkuit Ricardo Tormo hingga finis keempat pada seri terakhir GP Valencia tetap saja tidak cukup membantunya untuk mendapatkan gelar juara dunia tahun ini.

Rekan setim Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo, akhirnya menjadi jawara 2015, tetapi Rossi mengatakan bahwa gelar itu didapat bukan dari balapan.

Menurut Rossi, selama laga berjalan, Lorenzo dibela Marc Marquez. Lagi-lagi Rossi menuduh Marquez, sebelumnya ia pernah mengungkap bahwa Marquez sengaja mengendur agar Lorenzo bisa melesat jauh pada seri ke-16 GP Australia dan sengaja berulah pada seri ke-17 GP Malaysia.

Rossi yakin bahwa Marquez melindungi Lorenzo dalam 30 putaran di Ricardo Tormo. Menurut dia, kejadian ini janggal dan belum pernah terjadi di MotoGP.

“Ini sesuatu yang tidak diharapkan semua orang. Sebab, pebalap Honda yang membuat pebalap Yamaha menang dan berusaha maksimal untuk menjauhkan rekannya (Dani Pedrosa) adalah tindakan yang tidak diharapkan semua orang dan saya pikir ini benar-benar berita buruk. Meski begitu, inilah yang terjadi, kita harus menerimanya,” kata Rossi seperti diberitakan Motogp.com, Minggu (8/11/2015).

Rossi mengaku senang karena sekarang semua orang bisa melihat bukti mengenai apa yang ia katakan pada GP Australia tentang Marquez.

“Tentu Honda lebih cepat. Kami tahu, di paruh balapan Honda punya potensi baik, tetapi Marquez tetap melindungi Lorenzo seperti yang ia lakukan di Phillip Island dan Sepang. Pada akhirnya, saya berpikir bahwa Lorenzo tidak perlu terlalu bahagia karena ini bukan kejuaraan yang diimenangi di sirkuit. Tetapi, tetap saja ini menjadi memori,” ucap Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com