“Salon” Khusus untuk Perawatan Sepeda Motor

Kompas.com - 16/09/2015, 09:35 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia merupakan salah satu negara dengan pasar otomotif yang besar. Bagaimana tidak, setiap tahun 1 juta unit mobil baru terjual dan sekitar 6 juta unit sepeda motor ludes. Kondisi seperti itu dimanfaatkan baik oleh para pengusaha, khususnya dalam hal perawatan kendaraan. Karena, setiap orang ingin memiliki dan melihat tunggangannya selalu kinclong.

Salah satunya adalah Joddy Motor/JDM Project. Bengkel modifikasi yang berada di Jalan Jatiwaringin Raya, No.1A, Pangkalan Jati, Jakarta Timur itu mulai menggeluti usaha auto detailing atau “salon” perawatan untuk sepeda motor. Pemilik JDM Project, Joddy Ario menjelaskan, divisi auto detailing-nya ini melayani semua jenis motor, mulai dari skutik, bebek, hingga motor besar (moge).

“Ini akan menjadi satu menu utama di JDM Project, kita sudah dipercaya melakukan perawatan kendaraan oleh konsumen. Maka dari itu kita sekarang sudah mulai merambah ke auto detailing,” ujar pria berkacamata ini saat ditemui KompasOtomotif, Selasa (15/9/2015).

Auto detailing yang ditawarkan JDM Project, lanjut Joddy meliputi cuci biasa, cuci wax, cuci detailing (termasuk buka fairing) hingga full auto detailing yang membersihkan dari bodi, rangka, mesin hingga rongga-rongga kecil yang ada di “kuda besi”.

“Range harganya dimulai dari Rp 150.000 hingga Rp 1 jutaan. Yang jutaan itu untuk motor premium atau moge, karena proses pengerjaannya yang detail dan tidak bisa cepat serta kami juga menggunakan obat-obat yang khusus agar hasilnya maksimal,” kata Joddy.

Lebih lanjut, Joddy menambahkan, lama pengerjaannya itu sendiri tergantung dari tingkat kesulitan dan besarnya sepeda motor, semakin besar maka akan semakin rumit. Tapi jika kondisi kendaraannya tidak parah dalam artian tidak terlalu kotor maka prosesnya cepat.

“Dalam pengerjaannya kita juga menggunakan teknik, karena tidak boleh sembarangan dan pengerjaannya semua harus detail,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.