Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2015, 07:16 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sembari memberikan banyak promo ban, pemasangan, hingga berbagai macam pelek, di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, GT Radial juga aktif mengedukasi masyarakat lewat berbagai tips penggunaan karet bundar agar tetap aman dan nyaman.

Salah satu yang unik adalah pemasangan informasi berupa tips di beberapa sudut booth GT Radial di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di satu sudut, terdapat tips merawat ban yang direkomendasikan. Ada enam kunci perawatan, salah satunya rotasi (menukar) ban, antara bagian kanan dan kiri.

Ternyata perlakuan ini tidak banyak diketahui orang, bahwa rotasi perlu dilakukan untuk mengegah keausan yang tidak merata. Langkah ini juga berguna untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Berikut tips lengkapnya:

1. Pilih jenis dan ukuran ban yang tepat. Minta rekomendasi jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi. Pastikan juga ban sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan.

2. Tekanan angin. Periksa tekanan angin minimal 1 bulan sekali. Tekanan angin yang kurang akan sangat berbahaya karena menyebabkan kerusakan fatal. Sebaliknya, tekanan angin berlebihan juga menyebabkan keausan yang tidak merarata dan berpengaruh pada saat pengendalian serta pengereman.

3. Rotasi. Penggantian ban antara kanan dan kiri mencegah aus. Lakukan hal ini setiap 7.500-10.000 km.

4. Balancing. Ban perlu di-balancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap penggantian ban baru, melakukan rotasi, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.

5. Spooring. Aktivitas ini dilakukan saat ban dirotasi, atau jika terjadi gejala-gejala aneh seperti kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri, dan ban aus tidak merata antara sebelah kanan dan kiri.

6. Penggantian ban. Terdapat Tread Wear Indicator (TWI) pada alur telapak ban. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, menunjukkan ban sudah saatnya diganti. Letak TWI pada ban ditunjukkan dengan tanda segitiga pada dinding ban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.