Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza dan Veloz, Dua Model yang Berbeda

Kompas.com - 14/08/2015, 09:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Cirebon, KompasOtomotif – Revisi desain pada Grand New Avanza dengan kadar big minor change bukan hanya meliputi perbaikan produk, tapi juga melahirkan model baru buat Toyota Astra Motor (TAM). Lambang Veloz yang sebelumnya melekat sebagai penanda varian tertinggi Avanza kini dilepas menjadi model baru untuk bersaing di kelas MPV 7-penumpang.

“Mulai Grand New ini kita bedakan, jadi dua model yang berbeda tapi bermain di segmen yang sama,” ujar GM Corporate Planning and Public Relation TAM, Widyawati Soedigdo, saat media test drive Grand New Avanza di Cirebon, Kamis (13/8/2015).

Perbedaan paling kentara Grand New Avanza dan Grand New Veloz bisa dilihat dari bentuk wajah. Avanza dirancang tetap mirip dengan kembarannya, Daihatsu Xenia, sedangkan Veloz mengadopsi desain khas Toyota. Avanza dan Veloz tetap diproduksi Astra Daihatsu Motor.

Kelahiran Veloz sebagai varian tertinggi Avanza dimulai pada 2011 menggantikan varian teratas sebelumnya, 1.5 S. Widyawati mengatakan TAM membuat klasifikasi baru itu atas dasar masukan konsumen varian termahal yang ingin dibedakan dengan pembeli Avanza lainnya.

Saat peluncuran Grand New Avanza dan Veloz, Rabu (12/8/2015), Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo menjelaskan pada model Avanza sebelumnya Veloz mewakili 25 persen total penjualan.

Kini Grand New Veloz telah datang sebagai sosok baru. Bila sebelumnya Veloz hanya tersedia untuk mesin 1.5L sekarang TAM menawarkannya dengan tambahan mesin 1.3L. Dua pilihan itu melebarkan rentang pasar Grand New Veloz yang dijual paling murah Rp 204,2 juta hingga Rp 226,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com