Peugeot-Citroen Gandeng IBM Sokong Konektivitas Nirkabel

Kompas.com - 23/04/2015, 13:45 WIB
PSA Peugeot-Citroen www.panoramio.comPSA Peugeot-Citroen
|
EditorDonny Apriliananda
Frankfurt, KompasOtomotif - PSA Peugeot-Citroen dan IBM tengah bekerja sama menciptakan sistem konektivitas nirkabel, jaringan servis, dan jaringan transportasi perkotaan. Dalam pernyataan bersama, kedua perusahaan akan mengembangkan layanan bagi pengemudi, penumpang, termasuk aplikasi yang bisa membimbing perawatan kendaraan dan fungsi manajemen lalu-lintas.

Kerja sama ini lebih luas dari sekedar menciptakan sistem navigasi bagi pengemudi atau sistem informasi dan hiburan yang ditawarkan perusahaan teknologi informasi ternama, seperti Google, Apple, atau layanan peta digital milik Nokia atau TomTom.

Piranti lunak yang ada di mobil akan mampu menyimpan informasi real time di jalan termasuk membaca kondisi, marka, dan rambu lalu-lintas di jalan. Tujuannya, secara keseluruhan sistem ini membantu mengurangi kemacetan di persimpangan dan menurunkan polusi. Bahkan, layanan servis bisa menjaga kondisi kendaraan pemilik tetap prima melalui program perawatan yang ada.

Selain itu, sistem ini bisa menghubungkan kendaraan pada penjual ritel, jelas Axel Rogaichus, Kepala Divisi Otomotif IBM di Eropa, dilansir Reuters (22/4/2015). Kerja sama ini dianggap terbesar antara perusahaan pembuat komputer dan pabrikan otomotif.

IBM juga sebelumnya menjalin kerja sama dengan Continental, di 2013, menciptakan "cakrawala elektronik" yang memungkinkan mobil mengantisipasi rintangan yang ada di jalan.

IBM dan PSA sepakat untuk membagi tanggung jawab masing-masing perusahaan untuk mengembangkan, menjual, dan menggunakan layanan konektivitas ini ke produk maupun klien baru mereka. Keduanya menyiapkan kantor pusat di Paris, Perancis untuk menyukseskan kerja sama berdurasi tujuh tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X