Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keuntungan Mesin Tanpa Radiator All-New Soul GT

Kompas.com - 04/03/2015, 14:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia berusaha mengubah anggapan bahwa mesin skutik di atas 110cc tak harus menggunakan radiator atau pendingin cairan. Hal itu dibuktikan dengan Mio M3 di skutik entry level dan All-New Soul GT yang akan bertarung di segmen medium.

M Abidin, GM Motorsport dan Aftersales Yamaha Indonesia mengatakan saat prosesi peluncuran All-New Soul GT di Jimbaran Resto, Ancol, Jakarta Utara, (3/3/2015), Yamaha memikirkan solusi untuk membuat mesin lebih ringkas, efisien, dan terjangkau, salah satunya tidak memasang radiator.

”Kenapa nggak pakai radiator? Karena mesin sudah Blue Core. Teknologi ini sudah cukup untuk menjaga suhu mesin dan membuat penampilan ringkas,” ujar Abidin.

Lebih detail, dirinya juga menjelaskan bahwa teknologi Blue Core adalah penyempurnaan teknologi mesin konvensional. Mulai dari proses pembakaran, pengurangan gesekan, hingga proses pendingingan.

Seperti yang pernah KompasOtomotif bahas, salah satu kunci agar mesin Blue Core lebih ”dingin” adalah desain kisi-kisi silinder lebih tipis dan rapat. Sistem pendingin juga bekerja aktif menyemprotkan oli jet piston cooler ke permukaan bawah piston demi melepas suhu panas di ruang bakar.

Sederhananya, dengan teknologi ini, sepeda motor tak harus menggunakan pendingin tambahan seperti radiator. ”Memang, diakui, penggunaan radiator menjaga suhu mesin lebih stabil. Namun ada kompensasi lain, seperti perawatan, dan tentu harga yang lebih mahal,” kata Abidin.

Ditambahkan, dengan harga yang bisa ditekan, konsumen sudah bisa mempunyai sepeda motor berkubikasi 125cc, berpenampilan lebih simpel, tapi tetap terlihat mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com