Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Punya Celerio Mesin Diesel

Kompas.com - 11/02/2015, 14:30 WIB
New Delhi, KompasOtomotif - Maruti Suzuki sebagai pemegang merek Suzuki di India, tengah bersiap meluncurkan Celerio mesin diesel pada pertengahan tahun ini. Celerio diesel menjadi menu wajib untuk diperkenalkan di India, untuk mendongkrak penjualan.

Celerio sudah diperkenalkan pada 2014 lalu dengan mengusung satu tipe mesin, yakni mesin bensin. Hasilnya, hatchback baru Suzuki itu mendapat respon yang cukup baik dari konsumen India meski pasar di sana menggandrungi model diesel.

Tak ingin kehilangan momentum, Maruti Suzuki langsung menyiapkan Celerio diesel untuk tetap menjaga penjualan tetap stabil. Celerio diesel menggunakan mesin dua silinder berkapasitas 800 cc plus turbocharged yang mampu memproduksi daya 50 tk.

Mesin tersebut dikembangkan sendiri oleh para teknisi Maruti Suzuki dengan masukan dari prinsipal di Jepang. Mesin ini nantinya tidak hanya akan dipakai Celerio, tapi juga model Suzuki lainnya yang akan disiapkan buat India.

Unit mesin 800cc adalah mesin diesel dengan kapasitas paling kecil, namun diklaim bisa mencapai efisiensi pemakaian bahan bakar 30,1 kpl. Sebagai awalan, Celerio diesel ini akan ditawarkan hanya dengan transmisi manual saja. Di India, Celerio akan berkompetisi dengan Chevrolet Beat, Hyundai i10, Ford Figo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com