Kompas.com - 01/02/2015, 10:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Cologne, KompasOtomotif - Toyota Motorsport GmbH (TMG) memastikan jadi salah satu peserta di ajang FIA World Rally Championship mulai 2017 mendatang. Produsen mobil terbesar di dunia ini tengah menyiapkan andalannya, Yaris, yang sudah melalui berbagai pengembangan teknis di pusat bengkel di Cologne, Jerman.

Untuk pengujian mobil ini, orang nomor satu Toyota, Akio Toyoda, langsung menjajal kebolehan Yaris WRC tersebut.

Yaris WRC dikabarkan telah menyelesaikan program tes awal untuk jalan aspal dan gravel di seputar Eropa. TMG kini terus akan melakukan serangkaian pengujian dalam dua tahun ke depan untuk kembali ke ajang reli dunia itu. Toyota mau mengulangi sukses empat kali juara dan tiga trofi pabrikan di musim 1990 silam.

Toyota/Carscoop Yaris dan Corolla WRC.

Sehari sebelum pengumuman desain livery Yaris WRC, Toyoda mengetes langsung hatchback bermesin 1.6 liter turbo ini di pegunungan Tahara, Jepang. Tenaga 300 tk yang dimiliki mobil ini seolah tak jadi masalah buat Toyoda.

Sasis Yaris WRC, jelas Toyota, dikembangkan melalui simulasi canggih, pengujian, dan teknik produksi terkini. Pabrikan juga mengumumkan mengajak Eric Camilli sebagai pengemudi junior untuk mengembangkan mobil ini. Pereli asal Perancis ini juga didapuk bakal jadi bibit masa depan di ajang reli dunia. Camilli akan bergabung dengan Stéphane Sarrazin, dan Sebastian Lindholm.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.