Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Toyota Tes Yaris WRC [Video]

Kompas.com - 01/02/2015, 10:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Cologne, KompasOtomotif - Toyota Motorsport GmbH (TMG) memastikan jadi salah satu peserta di ajang FIA World Rally Championship mulai 2017 mendatang. Produsen mobil terbesar di dunia ini tengah menyiapkan andalannya, Yaris, yang sudah melalui berbagai pengembangan teknis di pusat bengkel di Cologne, Jerman.

Untuk pengujian mobil ini, orang nomor satu Toyota, Akio Toyoda, langsung menjajal kebolehan Yaris WRC tersebut.

Yaris WRC dikabarkan telah menyelesaikan program tes awal untuk jalan aspal dan gravel di seputar Eropa. TMG kini terus akan melakukan serangkaian pengujian dalam dua tahun ke depan untuk kembali ke ajang reli dunia itu. Toyota mau mengulangi sukses empat kali juara dan tiga trofi pabrikan di musim 1990 silam.

Toyota/Carscoop Yaris dan Corolla WRC.

Sehari sebelum pengumuman desain livery Yaris WRC, Toyoda mengetes langsung hatchback bermesin 1.6 liter turbo ini di pegunungan Tahara, Jepang. Tenaga 300 tk yang dimiliki mobil ini seolah tak jadi masalah buat Toyoda.

Sasis Yaris WRC, jelas Toyota, dikembangkan melalui simulasi canggih, pengujian, dan teknik produksi terkini. Pabrikan juga mengumumkan mengajak Eric Camilli sebagai pengemudi junior untuk mengembangkan mobil ini. Pereli asal Perancis ini juga didapuk bakal jadi bibit masa depan di ajang reli dunia. Camilli akan bergabung dengan Stéphane Sarrazin, dan Sebastian Lindholm.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com