Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Yaris Show Off 2015

Ubah Wajah Yaris Sampai Sulit Ditebak

Kompas.com - 28/01/2015, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aplikasi konversi wajah All-New Yaris di Yaris Show Off (YSO) 2015 menunjukan hatchback kasta tertinggi Toyota di Indonesia ini punya banyak alternatif yang bisa disesuaikan dengan konsep modifikasi.

Dari kelima mobil finalis yang tampil di road show perdana YSO 2015 di Mall Kelapa Gading, Minggu (25/1/2015), beberapa ubahan terlihat mengikuti mimik asli Yaris baru, ada juga yang merangkai guratan wajah khas Lexus.

Namun All-New Yaris asal Pekanbaru milik Calvin Manuel Augustino Polin tampil beda, raut muka kental rasa sporty dengan menyampur rasa sedan sport Nissan Skyline.

“Kita sebutnya ‘Skyris’, kalau dari depan kelihatan Skyline tapi di belakang ternyata hatchback Yaris,” terang Eldian Hudaya, rekan modifikasi Calvin yang KompasOtomotif temui saat pameran.

Febri Ardani Ubahan eksterior.

Hampir semua bagian wajah berubah, hanya bingkai lampu besar yang terlihat masih standar. Garis “trapesium” pada All-New Yaris kini berganti kotak besar, desain bemper baru menebal. Ada tambahan lips spoiler, canard, dan kap mesin bahan karbon sebagai pelengkap tema.

Uniknya, meski sedikit tersembunyi masih terpampang lambang Toyota. Dengan begitu, kata Eldian, mobil masih bisa dikenali, pasalnya tanpa identitas agak sulit menebak wujud asli.

Febri Ardani Kondisi perubahan pada mesin.

Balap harian
Ekspansi konsep merambah ke peningkatan performa. Waktu pengerjaan yang terbatas membuat internal mesin belum sempat terjamah, tapi tambahan tenaga didapat dari berbagai perubahan seperti pemakaian sistem knalpot custom, mengganti saringan udara tipe terbuka, dan tambahan piggyback Dastek Q4.

Febri Ardani Kabin bernuansa balap dengan tambahan EDFC (Electronic Damping Force Controller) Active untuk seting manual suspensi.

Ada satu lagi komponen pendukung pemakaian harian, yaitu pemaiakan coilover TEIN Sport Compact dan EDFC (Electronic Damping Force Controller) Active. Tingkat daya redam suspensi secara otomatis menyesuaikan beban gravitasi yang timbul dari gaya mengemudi. Selain itu pengaturan kenyamanan suspensi bisa dilakukan manual dari konsol yang dipasang di kabin.

Kedua penumpang depan jadi fokus utama terapan konsep pada interior, paling mencolok terdapat dua jok semi balap. Kesan sport semakin mengental sebab berbagai komponen seperti panel dasbor, bingkai headunit, konsol tengah, dan door trim menggunakan bahan karbon. Tambahannya, ada head up display di pilar A dekat pengemudi untuk bantuan informasi mobil saat berkendara.

Febri Ardani Paket audio baru mengisi bagasi.

Di bagasi tak ada lagi ruang untuk meletakan barang, kini sudah berganti menjadi “sarang” sistem audio baru. Setidaknya ada enam speaker berikut kelengkapan performa audio lainnya yang sudah terpasang.

Biaya

Eldian enggan menerangkan total biaya memodifikasi sosok awal varian TRD ini biar terlihat seperti sekarang. Meski begitu ia tidak menyangkal ketika ditebak lebih dari Rp 100 juta. Calvin dan Eldian mengaku baru sekali mengikuti YSO, level kompetisi skala nasional tahun ini dinilai berat.

“Lawannya berat apalagi ada yang sudah banyak mainin cat, ubah warna, sama upgrade mesin pakai turbo, tapi tentu saja harapan kita menang,” kata Eldian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com