Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Yaris Show Off 2015

Yaris “Terong” Incar Gelar The King

Kompas.com - 25/01/2015, 19:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dari lima Yaris peserta final Yaris Show Off (YSO) 2015, hanya ada satu yang menggunakan warna eksterior kombinasi hijau dan ungu, yakni milik Eric Setioprabowo asal Bali. Ternyata ada alasan tersendiri di balik pilihan warna itu, Eric mengatakan konsep modifikasi yang dilakukan kali ini adalah Yaris Terong Project.

“Kalau alasannya, dari dulu saya kepingin punya mobil modif warna hijau tapi ga pernah kesampaian, warna ungu juga begitu ga pernah kejadian. Nah sekarang kita masukan keduanya, eh saya pikir warnanya malah mirip terong,” kata Eric, di Jakarta, Minggu (25/1/2015).

Terong, kata Eric, punya filosofi tersendiri, bahkan bisa disamakan seperti sosok Yaris. “Terong adalah sayuran yang penuh manfaat, mudah dalam pengolahan, dan kaya multi vitamin serta gizi. Ada banyak cara mengolah Terong, ini sama seperti Yaris yang bisa diaplikasikan macam-macam ketika dimodifikasi,” jelas Eric.

Febri Ardani Detail Yaris Terong Project.

Modifikasi
Tentu “terong” bukan sekadar nama konsep, ubahan di semua sektor jadi pendukung kuat mencari poin di berbagai variable. Di eksterior ada sentuhan airbrush kepala singa dengan efek 7 dimensi, jadi bila dilihat dari berbagai sudut gambar bisa berubah menjadi objek lain.

Kit bodi dibuat kastem, modelnya mengikuti gaya rocket bunny dengan fender sedikit terbuka untuk menonjolkan pelek 18 inci dengan lebar 9,75 inci (depan) dan 11 inci (belakang). Ada sedikit penyesuaian untuk pelek, adaptor bolt on disematkan demi menyesuaikan ukuran PCD 5 X 114,3.

Karakter street racing menonjol dari aplikasi serat karbon pada kap mesin, gril, diffuser, spion, dan antena “hiu”. Bukan cuma penampilan, tapi sektor mesin juga digarap serius. Mesin standar 1.5L milik Yaris dicangkokkan turbo merek Zage, berikut penambahan intercooler. Piping dibuat kastem menggunakan bahan stainles stell dengan konsep free flow. Piggyback Dastek Q+ ditambahkan agar keluaran tenaga bisa dimaksimalkan sesusai modifikasi.

Eric sudah beberapa kali terlibat Yaris Show Off, menurut dia hal yang belum pernah ada di YSO sebelumnya namun sekarang ada di mobilnya adalah aplikasi monitor untuk penumpang belakang. Lokasinya tidak diletakkan di dalam headrest tapi menggantung menghadap penumpang belakang. Berbasis Android, layar sentuh 9 inci ini belum punya merek. Eric enggan membeberkan asal produk ini, dia mengatakan masih prototipe. Kemampuan terbaiknya, mirror link multimedia.

Febri Ardani Yaris Terong Project

Waktu
Seluruh pengerjaan rampung dalam dua bulan, dimulai pada pertengahan November hingga Januari 2015. Total biaya yang dihabiskan hampir menyentuh harga All-New Yaris G manual yang menjadi basis modifikasi yakni Rp 232,5 juta.

“Waktunya sangat sempit sekali, kita mulai semua dari nol. Modifikasi kaki-kaki dan mesin saja butuh waktu 1,5 bulan. Sementara eksterior dan interior dikerjakan 3 pekan. Semua dikerjakan terpisah. Harapan kita berhasil terpilih menjadi pemenang melalui proses penjurian nanti di Maret,” tutup Eric.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com