KTM RC Series di Indonesia Bukan Buatan India

Kompas.com - 24/11/2014, 14:00 WIB
KTM RC200, performa galak dibalik tampang sangar. KompasOtomotif-Donny AprilianandaKTM RC200, performa galak dibalik tampang sangar.
|
EditorAzwar Ferdian

Serpong, KompasOtomotif – Meski dikembangkan khusus di India untuk lebih dekat dengan pasar Asia, RC Series yang didatangkan PT Moto KTM Indonesia (MKI) ternyata bukan dari sana. RC200 dan RC3690, bahkan varian Duke yang sudah lama dijual didatangkan langsung dari Austria.

KompasOtomotif sempat mengamati rangka RC200, dan mendapati identitas bahwa sepeda motor diproduksi di Austria. ”Memang kami tidak pernah PO (Purchase Order/ pesan) dari India. Secara homologasi, produk yang diproduksi di India dan Eropa sedikit berbeda,” terang Alam, Direktur Pemasaran MKI, (21/11/2014).

Dijelaskan sebagai contoh, RC200 yang saat ini sedang hot dipasarkan MKI ternyata lebih ringan dengan tenaga lebih besar 1,2 tk ketimbang spesifikasi dari India. Namun meski KTM dikembangkan di India, Alam mengatakan tetap tidak bisa disepelekan.

”Orang mesti paham. Jangan mengkonotasikan made in India tidak baik. Kenapa ponsel dengan merek ternama tapi diproduksi di China orang tidak protes? Analoginya sama saja. Tapi memang kami memilih order dari Eropa karena ada persetujuan khusus,” ungkap Alam.

Alam mengatakan, KTM merambah India karena alasan ongkos produksi. Material hingga tenaga kerja sangat memungkinkan untuk menekan harga. Pemasaran di pasar Asia pun semakin dekat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X