Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Ride KTM RC200

Bertatap Mata dengan Pesaing R25 dan Ninja 250 dari KTM

Kompas.com - 23/11/2014, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serpong, KompasOtomotif – KTM RC200 akhirnya resmi dijual PT Moto KTM Indonesia (MKI) via online. KompasOtomotif berkesempatan ”menatap sosoknya” lebih dekat, membelai, dan memperhatikan lebih detail saat mengunjungi KTM Center di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (21/11/2014).

Cukup impresif, suguhan awal desain khas KTM yang ”racy banget” langsung terasa. RC200 benar-benar didesain garang, dari ujung "kepala" sampai buritan. Tampak depan, sorot mata dua lampu proyektor dan Daytime Runnig Lights (DRL) di bawahnya sudah cukup memberikan identitas.

Kesannya runcing, minimal dari bagian kepala. Batok lampu dipadu dengan tameng angin mengindikasikan kecepatan. Kaca spion meruncing, sekaligus menjadi rumah lampu sein. Melongok ke atas, panel instrumen sama persis dengan Duke Series yang mengotak.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Desain futuristik dengan berbagai kelebihan yang membuatnya lebih ringan.

Unik
Tangki bensin sporty, dengan dimensi cukup panjang, dipadu fairing  yang simpel dengan beberapa lubang angin untuk membantu mendinginkan mesin. Jarak jok cukup jauh dengan setang, ternyata tak hanya karena ada tangki bensin, tetapi juga tempat untuk meletakkan aki (antara tangki dan setang) demi mencari kesimbangan bobot paling baik.

Uniknya, jok belakang sekaligus berfungsi sebagai single seater. Dari jauh seperti cover, tapi jika dipegang empuk. Panel instrumen full digital dengan LCD yang memberikan informasi posisi gigi, bahan bakar, servis, pengingat RPM untuk perpindahan gigi. Selain itu, juga berfungsi sebagai speedometer, odometer, dual trip meter, jam, dan tachometer.

"Bokong" nungging dipadu lampu stop yang sangat futuristik. Sepatbor belakang berfungsi sebagai tempat menempatkan pelat nomor sekaligus dudukan lampu sein. Knalpot tidak tampak secara sekilas, karena menyembul tersembunyi di bawah fairing.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda KTM RC200 punya rangka trelis yang ringan dan rigid.

Saat mesin dinyalakan pertama kali, kesan pertama suara memang agak kasar, khas sepeda motor Eropa. Namun justru disitulah karakternya. Dengan kesan galak di pandangan pertama, tak sabar rasanya memutar handel gas sepeda motor yang dibanderol Rp 59,5 juta on the road Jakarta itu.

”Semua apa yang ada di sepeda motor KTM ada penjelasan dan maknanya. Kami tidak pernah declare sebagai kendaraan terbaik, tapi silakan rasakan sendiri, dites, karena kami datang agar orang berani mencoba sesuatu yang baru,” ujar Alam, Direktur Pemasaran MKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com