Harga BBM Naik, Otomotif Astra Bergeming

Kompas.com - 18/11/2014, 18:10 WIB
Warga antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, seusai Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM, Senin (17/11/2014) malam. WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHAWarga antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, seusai Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM, Senin (17/11/2014) malam.
|
EditorAzwar Ferdian

Bogor, KompasOtomotif – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai hari ini, Selasa (18/11/2014), didukung penuh oleh berbagai unit usaha di bidang otomotif PT Astra International (AI). Diyakini, pengurangan subsidi untuk BBM justru akan membawa efek positif, terutama yang bersifat jangka panjang.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo mengatakan bahwa Toyota bergeming (tidak terpengaruh) dan menyatakan sangat setuju dengan pengurangan subsidi BBM, karena dana bisa dialihkan untuk mengembangkan perekonomian, terutama infrastruktur.

”Pasti shock, tapi sifatnya jangka pendek. Efek positif akan dirasakan pada sektor otomotif dan perekonomian secara keseluruhan untuk jangka menengah dan panjang,” kata Samulo di Bogor (18/11/2014), dalam Workshop Wartawan Industri dan Otomotif AI.

Ditegaskan Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, di acara yang sama, dampak jangka pendeknya akan terasa, namun sesudahnya akan terjadi ekulibrium baru untuk mengembalikan pasar kembali normal.

”Alokasi dana bisa dipakai untuk infrastruktur. Akan sangat bagus jika memang subsidi untuk BBM dialihkan untuk memperluas jalan atau membangun industri listrik demi mendukung dunia otomotif. Kami percaya, apa yang dilakukan pemerintah sudah menjadi keputusan terbaik,” ujar Amelia.

Direktur Pemasaran PT Astra Isuzu Motor indonesia Supranoto menambahkan bahwa justru tak gentar sedikit pun dengan kenaikan harga BBM. Hal itu karena kebanyakan kendaraan yang dijual adalah kendaraan komersial. ”Berapa pun harga solar, selama Indonesia masih membangun, produk-produk kami tetap diperlukan,” tegas Supranoto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X