Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Yamaha saat Honda Hadirkan RC213V-RS

Kompas.com - 08/11/2014, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Valencia, KompasOtomotif – Honda telah bertekad mengganti tunggangan MotoGP RCV1000R dengan RCV213V-RS untuk menjamin kelas open agar lebih banyak ”berbicara”. Langkah ini membuat Yamaha terpacu memberikan servis terbaik bagi penyewa M1 di kelas open agar tetap bisa bersaing ketat.

Kesepakatan yang saat ini dijalani antara Yamaha dan NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa, untuk musim 2015, hanya diberikan paket mesin saja. Sementara frame dan lengan ayun tidak lagi termasuk dalam paket.

Namun, saat Honda menyatakan mesin kelas open bakal pakai RC213V yang diturunkan spesifikasinya, tapi masih menggunakan katup pneumatic, Yamaha mempertimbangkan kembali kesepakatan tersebut.

Katup pneumatic memang menjadi teknologi kunci mencapai kecepatan maksimal, menaikkan tenaga, terutama pada putaran mesin tinggi.

Strategi baru
Inilah yang memicu strategi baru yang diumumkan Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, belum lama ini. Karena hingga sekarang hanya NGM Forward Racing yang menyewa mesin M1, tim ini akan mendapat pelayanan lebih baik, bahkan kesepakatan lebih menguntungkan jika memang mereka mau, termasuk mempunyai semua paket yang dimiliki Yamaha di kelas factory!

Jarvis mengatakan, Forward bisa memilih, menggunakan sasis Yamaha 2013, tapi mesin akan di-upgrade sangat serius untuk mengimbanginya. Pilihan lain, Forward bisa menggunakan sasis versi 2014 jika memang mampu membayar.

Di saat yang sama, Forward juga tak lagi dipaksa menggunakan sasis Yamaha, alias diperbolehkan pakai sasis yang dikembangkan sendiri. Asal, cocok dan bisa padu dengan mesin M1 yang saat ini sudah menggunakan teknologi katup pneumatic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com