Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sepeda Motor Favorit Nicky Hayden

Kompas.com - 21/10/2014, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Di sela kunjungannya ke Indonesia, pebalap tim MotoGP Drive M7 Aspar, Nicky Hayden, mendapatkan banyak pertanyaan dari wartawan yang menantinya di dealer aksesori biker, Motoritz, Jakarta Selatan, Selasa (21/10/2014). Salah satu pertanyaan yang menarik adalah soal sepeda motor favoritnya sepanjang karier MotoGP, yang ia cetak sejak 2003.

"Sepeda motor favorit saya adalah Honda yang membawa saya menang pada 2006," jawab Hayden lugas.

Tunggangan yang ia maksud adalah edisi pengembangan terakhir RC211V untuk musim 2006. Cikal bakal sejarah sepeda motor 4-tak ini dimulai pada 2001, menggantikan Honda NSR500 yang masih menggunakan sistem bakar 2-tak. "RC" menandakan sepeda motor balap Honda 4-tak. Angka "211" berarti model pertama untuk abad ke-21, sementara "V" menjadi simbol pemakaian mesin V.

Pada 2006, RC211V punya tiga "rasa". "Brno bike" dengan posisi crankshaft lebih tinggi dan kopling serta girboks lebih rendah buat Hayden, sasis spesial untuk Dani Pedrosa, dan edisi khusus untuk pebalap satelit. Hayden berhasil meraih gelar juara pebalap, sementara Honda Racing mendapatkan gelar juara konstruktor pada MotoGP 2006. RC211V pensiun saat regulasi MotoGP 2007 beralih menggunakan kapasitas mesin 800 cc. Honda Racing menggunakan RC212V pada 2007.

Febri Ardani Nicky Hayden bicara tentang sepeda motor favoritnya adalah Honda RC211V yang membawanya sebagai juara dunia MotoGP 2006.

Hayden kini berusia 33 tahun, cukup dewasa sebagai pebalap MotoGP. Ia masih berkutat dengan cedera di pergelangan tangan. Musim ini, ia sempat absen saat GP Indianapolis dan GP Ceko, Agustus lalu. Meski begitu, ia mengatakan tetap bertahan di MotoGP, tempat ia menempatkan hatinya dalam ajang balap dunia.

"MotoGP adalah kelas tertinggi, saya masih lama di sini karena hati saya di sini. Saya masih merasakan kesenangan yang sama sejak kali pertama mengendarai sepeda motor balap. Sekarang saya doyan main cafe racer dan supercross, tetapi masih tahap awal dan cari-cari informasi," ujar Hayden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com