Ini Spesifikasi Tunggangan Honda MotoGP Kelas ”Open” 2015

Kompas.com - 07/11/2014, 18:30 WIB
Honda RC213V-RS akan menggantikan Honda RCV1000R yang kekurangan tenaga untuk musim balap MotoGP 2015. autoevolutionHonda RC213V-RS akan menggantikan Honda RCV1000R yang kekurangan tenaga untuk musim balap MotoGP 2015.
|
EditorAris F. Harvenda

Valencia, KompasOtomotif – Honda memastikan bahwa untuk MotoGP musim 2015, tim-tim kelas open akan menggunakan tunggangan baru. Mereka menyebutnya RCV213V-RS, dan sepeda motor ini akan resmi diuji coba dalam seri penutup musim 2014 di Valencia, 7-9 November oleh Hiroshi Aoyama.

Paling menarik adalah Honda akhirnya menanggalkan RCV1000R yang saat ini digunakan Nicky Hayden dan Aoyama di tim Aspar, Scott Redding di tim Gresini, dan Karel Abraham di Cardion AB Racing. Mesin yang dikembangkan khusus itu tak kompetitif karena tenaganya kurang mumpuni. Bahkan menandingi mesin kelas open milik Yamaha saja tak cukup daya.

Harapan baru ada di RC213V-RS, yang sejatinya adalah mesin yang saat ini digunakan Marquez dan Pedrosa di Repsol Honda, tapi sedikit dikurangi speknya. Girboks tidak menggunakan tipe seamless. Lalu ECU juga menggunakan spesifikasi standar Dorna, sama seperti motor kelas open lain.

Keuntungannya sama, masih boleh membawa bensin ekstra, menggunakan ban dengan kompon lunak, lebih banyak penggantian mesin dan kesempatan tes lebih banyak. Mesin ini akan lebih mahal, tapi kabarnya Honda akan menyertakan teknologi katup pneumatic seperti pada RC213V yang sudah terbukti membuat sepeda motor lebih kencang.

Dengan dua item yang di-drop (girboks seamless dan ECU) jika dibandingkan dengan RC213V, rasanya engineer Honda tidak akan kesulitan mendongkrak setelan untuk mengejar ketertinggalan. Diharapkan, spesifikasi baru mesin ini tidak akan memperjauh jurang pemisah antara tim kelas factory dan open.

Berikut para calon penunggang RCV213V-RS musim 2015:
1. Jack Miller, LCR Honda
2. Nicky Hayden, Drive M7 Aspar Honda
3. Eugene Laverty, Drive M7 Aspar Honda
4. Karel Abraham, Cardion AB Honda

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X